Dana Perbankan Bisa Dialihkan ke Sektor Produktif

Jum'at, 20 Maret 2015 - 19:15 WIB
Dana Perbankan Bisa Dialihkan ke Sektor Produktif
Dana Perbankan Bisa Dialihkan ke Sektor Produktif
A A A
JAKARTA - Pengamat Ekonomi Politik dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Kusfiardi mengatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan agar kinerja perbankan dapat membaik di tengah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

Salalah satunya, perbankan nasional harus ada pembicaraan yang baik agar dana di sektor perbankan bisa dialihkan ke sektor riil. Pasalnya,‎ jika dana tersebut sudah bisa dialirkan ke sektor produktif maka diharapkan kinerja perbankan dapat membaik ditengah melemahnya nilai tukar rupiah seperti sekarang.

"Ini juga untuk membentuk produksi nasional kita, baik kebutuhan pangan maupun industri lainnya. Sehingga, di sini harus ada upaya perbankan supaya tidak memperburuk keadaan," paparnya kepada koran sindo, Jumat (20/3/2015).

Menurut dia, sebaiknya pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI) segera berkoordinasi‎ untuk memonitor debitur-debitur bank atau lembaga pembiayaan lain agar perbankan tidak larut dalam permainan spekulasi mata uang pasar modal.

"Mumpung masih di awal tahun, sebaiknya segera koordinasi supaya bisa diambil tindakan yang diperlukan sesegera mungkin agar tidak menunggu kondisi yang memburuk," tandas Kusfiardi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6035 seconds (0.1#10.140)