Sopir yang Sabar

Senin, 23 Maret 2015 - 12:12 WIB
Sopir yang Sabar
Sopir yang Sabar
A A A
Suatu kali, di sebuah siang yang sibuk, seorang eksekutif muda menyetop taksi di jalan. Ia tampak sangat tergesa- gesa.

Wajahnya tegang, seperti ada beban berat yang harus diselesaikannya saat itu juga. Sebuah taksi berhenti menghampiri pemuda tersebut. Sang pemuda segera membuka pintu dan bergegas masuk ke dalamnya. ”Ke gedung di jalan utama ya, Pak. Mohon cepat, karena saya sudah hampir terlambat!” seru si eksekutif muda cepat.

”Baik Tuan. Saya akan carikan jalan alternatif agar bisa lebih cepat sampai dan tidak terjebak macet di jalan. Siang-siang seperti ini, jalan menuju ke sana biasanya sangat padat,” sebut sang sopir tetap dengan nada keramahannya. Mobil pun bergegas meluncur ke sebuah jalan.

Setelah melewati sedikit kemacetan, sang sopir segera mengarahkan mobilnya ke jalan alternatif yang memang lebih sepi daripada jalan utama. Mobil pun akhirnya bisa melaju cukup kencang. Si eksekutif muda di kursi belakang masih saja sibuk dengan beberapa dokumen yang dibawanya. Di tengah perjalanan, tibatiba sebuah mobil dari arah berlawanan melintas dengan kencangnya.

Hampir saja terjadi senggolan yang bisa berakibat fatal. Sang sopir taksi sangat kaget, begitu pun pemuda yang menumpang di belakang. Sekonyong- konyong, mobil yang hampir menyerempet malah menyalahkan sang sopir taksi.

Sopir di mobil tersebut berteriak dengan kasar, memaki sopir taksi yang dianggap berbuat salah–meski sebenarnya yang terjadi sebaliknya. Mendengar umpatan kasar itu, penumpang taksi di belakang ikut marah.” Pak, ladeni saja! Dia yang salah, malah dia yang memaki- maki kita. Dasar orang nggak tahu aturan!” teriaknya kencang.

Tapi, sang sopir taksi justru memilih menjawab jawaban yang mengejutkan. ”Silakan lewat Pak. Mohon berhati- hati, semoga selamat sampai tujuan ya,” salamnya pada si pengemudi mobil yang hampir menabraknya. Si pemuda pun terheran-heran dengan sikap si sopir taksi.

”Bagaimana bisa Bapak malah memaafkan dia, bukankah jelas-jelas dia yang salah?” sergah si pemuda masih dengan sedikit emosi, sebab per-jalanannya jadi sedikit terganggu. ”Sudahlah Tuan, yang penting kita semua selamat,” ucapnya dengan nada sabar.

Senyum mengembang dari bibirnya. ”Memang, dia salah, tapi kita tak perlu menimpalinya juga dengan kasar. Kalau kita samasama keras, sudah pasti perjalanan Tuan yang tadinya hendak buru-buru malah akan jadi lebih lama.” Si pemuda terpana.

”Pak, saya sungguh tak menyangka bisa bertemu dengan Bapak yang penuh pengertian. Bagaimana Bapak bisa sabar di tengah kondisi yang kurang mengenakkan seperti tadi?”

Sembari tetap konsentrasi mengemudi, dengan senyuman ramahnya, sang sopir menjawab. ”Saya punya prinsip seperti truk bak sampah. Memang, kadang ia harus bau, nyinyir, kotor, dan pengap karena sampah yang dimuatnya. Tapi, semua itu akan segera dibuangnya di tempat pembuangan terakhir. Truk bak sampah hanya jadi saluran sementara sampah, tanpa pernah menjadi sampah itu sendiri.

Begitu juga prinsip saya, Tuan. Mungkin saja saya bisa ikut marah dan emosi, tapi kalau saya biarkan, saya ikut menjadi sampah, bisa jadi orang lain yang akan ikut terkena akibatnya. Pekerjaan jadi tidak beres, hati pun tidak tenang. Karena itu, saya memilih menjadi seperti truk bak sampah yang bisa saja mendapat buangan sampah dari orang, tapi biarlah itu berlalu tanpa pernah menjadikan saya ikut terbebani.

Dengan cara itu, saya bisa melalui berbagai masalah, menghadapi emosi orang lain, bahkan keluhan pelanggan dengan tetap tenangdan sabar. Sebab saya yakin, itusemua akan segera berlalu, sampah yang ada akan segera terbuang.” Mendengar uraian sang sopir, si eksekutif muda termenung. Ia mendapat pelajaran sangat berharga hari itu.

The Cup of Wisdom

Kisah tersebut mengajarkan kita bagaimana seharusnya kita bersikap untuk tidak memperkeruh suasana. Bisa jadi, kita akan berhadapan dengan apa yang dialami sang sopir. Mungkin, kita akan marah karena merasa di posisi yang benar. Tapi, coba tanyakan kembali, apakah dengan marah bisa menyelesaikan masalah? Atau sebaliknya, dengan marah akan menambah parah?

Jangan ikut menjadi ”sampah” atas kotoran orang lain yang dilimpahkan pada kita. Jangan mudah marah, atau hidup penuh rasa gegabah. Hadapi semua dengan ketenangan hati, keluasan jiwa, dan terangnya pikiran. Dengan cara itu, kita tak akan jadi ”sampah” yang bau, kotor, dan pengap.

Atau, kalau pun ”terpaksa” menerima sampah–baik berupa masalah, halangan, atau rintangan– kita justru akan jadi insan yang kreatif sehingga bisa ”mendaur-ulang” sampah jadi barang penuh berkah, alias mengubah masalah jadi pelajaran penuh hikmah. Mari, tumbuhkan kesabaran dalam diri.

Jangan mudah emosi. Sehingga, apa pun yang menimpa, apa pun hasil yang diterima, semua akan jadi pelajaran kehidupan yang membawa manfaat bagi keseharian kita. Salam sukses, luar biasa!

Adrie Wongso
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3283 seconds (0.1#10.140)