Harga Bawang Merah di Parepare Naik 50%

Rabu, 25 Maret 2015 - 22:27 WIB
Harga Bawang Merah di Parepare Naik 50%
Harga Bawang Merah di Parepare Naik 50%
A A A
PAREPARE - Harga bawang merah di Pasar Senteral Lakessi, Parepare, Sulwesi Selatan (Sulsel) mengalami kenaikan rata-rata 30%-50% dari harga sebelumnya.

Salah seorang pedagang Sumarni, Rabu (25/3/2015) mengatakan, harga bawang merah biasanya hanya berkisar Rp10 ribu untuk kualitas biasa menjadi Rp20 ribu per kg, sedangkan kualitas super yang sebelumnya hanya Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu per kg.

Menurutnya, dalam sepekan terakhir ini para pedagang kesulitan mendapatkan pasokan dari sejumlah sentra penghasil bawang merah seperti di Kabupaten Enrekang. Karena, diduga para petani di daerah itu lebih memilih menjual hasil panennya ke luar Pulau Sulawesi seperti ke Kalimantan Timur.

Sumarni mengatakan, hal tersebut dikarenakan harga bawang merah di sana jauh lebih mahal. Sehingga banyak pedagang menutup kiosnya karena tidak adanya stok.

Atas melambungnya harag bawang merah ini, membuat resah masyarakat terutama masyarakat ekonomi kelas menengah ke bawah, karena sangat kesulitan mengatur kebutuhan keluarga. Apalagi di tengah naiknya harga kebutuhan pokok lainnya sert rencana pemerintah kembali menaikkan harga BBM.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)