OJK: Layanan Laku Pandai Tekan Rentenir

Jum'at, 27 Maret 2015 - 06:12 WIB
OJK: Layanan Laku Pandai Tekan Rentenir
OJK: Layanan Laku Pandai Tekan Rentenir
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad mengatakan, kehadiran program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) atau branchless banking dapat menekan kegiatan rentenir di setiap daerah Indonesia.

Dia berharap, ini dapat mendukung program keuangan inklusif pemerintah mengingat masih banyak masyarakat yang belum mengenal dan menggunakan layanan perbankan.

"Kita bakal lawan dengan kuat rentenir yang masih berkeliaran. Karena bunga bank lebih murah dibandingkan dengan yang dikasih rentenir," ujar Muliaman di Gedung OJK, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Dia melanjutkan, dengan adanya Laku Pandai masyarakat dapat melakukan kegiatan menyimpan dan memanfaatkan uang dengan lebih murah, aman dan cepat.

"Nanti begini, nasabah itu setelah menabung secara bertahap dan kalau sudah dinilai baik oleh bank, mereka bisa mengajukan kredit atau pembiayaan mikro, walaupun jumlahnya tidak terlalu besar," terangnya.

Adapun layanan Laku Pandai merupakan program kerja sama empat bank yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sulit menjangkau sektor perbankan. Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Centrak Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5496 seconds (0.1#10.140)