HT: Pemerintah Harus Perhatikan Stabilitas Ekonomi

Rabu, 01 April 2015 - 06:39 WIB
HT: Pemerintah Harus Perhatikan Stabilitas Ekonomi
HT: Pemerintah Harus Perhatikan Stabilitas Ekonomi
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) meminta pemerintah memperhatikan stabilitas ekonomi. Terutama terkait kebijakan yang menyangkut masyarakat kecil, seperti kenaikan bahan bakar minyak (BBM).

“Perlu ada stabilitas, khususnya harga bahan bakar minyak, karena dampaknya sangat luas,” ujar Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Selasa (31/3/2015).

Dia mengatakan harga yang gampang berubah akan menyusahkan masyarakat. Karena kenaikan bahan bakar tersebut berdampak pada kehidupan masyarakat. “Kalau turun tidak apa-apa, banyak yang senang. Tapi kalau naik masyarakat di bawah susah,” terang HT.

Menurutnya, ke depan pemerintah harus hati-hati dalam membuat keputusan. Harus memikirkan dampak dari keputusan tersebut terhadap kondisi perekonomian masyarakat bawah.

Seperti diberitakan, harga BBM jenis premium dan solar per Sabtu (28/3/2015) masing-masing naik Rp500 per liter. Untuk wilayah luar Jawa-Madura-Bali, harga premium menjadi Rp 7.300 per liter dari sebelumnya Rp6.800/liter. Solar menjadi Rp6.900 dari sebelumnya Rp 6.400/liter. Saat ini, BBM jenis premium tidak lagi disubsidi sehingga mengikuti harga minyak dunia.

HT mengatakan masyarakat akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan naik turunnya harga minyak. Sebab kondisi ekonomi yang kekurangan membuat sulit untuk beradaptasi. "Di luar negeri kesejahteraan masyarakat terjamin. Masyarakat kita di bawah ini kekurangan," ujarnya.

Kenaikan harga BBM berdampak pada kenaikan harga sembako di sejumlah pasar daerah. Di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, kenaikan harga terjadi dalam dua hari terakhir, berkisar Rp1.000 hingga Rp15.000. Kenaikan tertinggi terjadi pada komoditi sayuran, seperti bawang merah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6331 seconds (0.1#10.140)