Siapkan Uang Muka KPR

Rabu, 01 April 2015 - 10:30 WIB
Siapkan Uang Muka KPR
Siapkan Uang Muka KPR
A A A
1. Jadikan KPR salah satu prioritas kredit yang ingin Anda lakukan. Artinya, untuk tujuan tersebut cara yang harus dipilih adalah dengan coba menabung.

2. Sedikit agresif untuk menambah penghasilan. Cobalah membuat sedikit perubahan nyata dalam keseharian Anda, misalnya dengan keluarga, anak, istri, atau orang tua untuk mencari penghasilan tambahan di luar penghasilan saat ini, tapi yang tidak mengganggu penghasilan utama.

3. Program bantuan uang muka. Cara ini berlaku jika Anda seorang pegawai negeri sipil (PNS). Anda mungkin bisa mencoba bantuan fasilitas yang bernama bantuan uang muka yang diberikan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan - Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS).

4. Ambil pinjaman uang muka Jamsostek. Jangan khawatir jika Anda bukan PNS. Sebab, Anda pun bisa mengajukan program pinjaman uang muka perumahan (PUMP) yang dimiliki Jamsostek. PUMP ini akan diberikan kepada tenaga kerja yang telah memenuhi persyaratan dengan jumlah maksimal sebesar Rp20 juta untuk penyaluran lewat perbankan dan Rp15 juta untuk penyaluran biasa.

5. Ambil kredit tanpa agunan. Pilihan ini memang tidak terlalu disarankan. Sebab, artinya Anda mengambil dua kredit yang berbeda, yaitu kredit pemilikan rumah dan kredit tanpa agunan (KTA). Karena itu, yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana membayar cicilan KTA dan KPR sekaligus.

Jika saat dihitung-hitung pilihan ini malah menyulitkan Anda, maka tinggalkan. Intinya, hitunglah rasio kredit yang Anda miliki. Jika sesuai, pilihan ini bisa dipertimbangkan.

Rendra hanggara
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5998 seconds (0.1#10.140)