Perangkat Hemat Energi Dari Enovatek

Rabu, 15 April 2015 - 10:19 WIB
Perangkat Hemat Energi Dari Enovatek
Perangkat Hemat Energi Dari Enovatek
A A A
MARAKNYA kampanye menjaga lingkungan serta biaya energi yang makin menjulang dari tahun ke tahun menjadi ladang empuk bagi para produsen perangkat hemat energi.

Salah satunya Enovatek yang menawarkan produk hemat energi untuk kalangan bisnis dan rumah tangga. Pada tahun pertama kehadirannya Enovatek Energy meluncurkan empat produk unggulan, yaitu lampu penerangan hemat energi, sistem monitor energi, cat pemantul panas sinar matahari, dan solusi papan iklan hemat energi.

Richard Leong, Senior Manager Marketing and Sales Enovatek Energy, mengatakan bahwa penggunaan produk hemat energi dapat mengurangi biaya pembayaran listrik hingga di atas 10%. Indonesia merupakan pasar sempurna untuk dikembangkan solusi hemat energi bagi industri dan bisnis. “Indonesia sangat potensial dalam pemakaian energi. Dengan banyaknya gedung tinggi, tentu pemakaian energi juga besar,” ujar Leong.

Konsumsi listrik yang besar disebabkan tingginya suhu udara sehingga harus menggunakan pendingin udara. Selain pendingin udara, konsumsi besar listrik juga diakibatkan dari pemakaian lampu. Enovatek menyediakan solusi untuk mengurangi pemakaian energi tersebut, mulai lampu hingga cat dinding. Leong menyebutkan, saat memasang sistem ini di dalam gedung, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengganti lampu.

Sebelumnya dia memperhitungkan terlebih dulu berapa banyak konsumsi dan jenis lampu di keseluruhan ruangan dalam gedung. Produk lampu Enovatek, antara lain rotator lighting, flood light, down light, dan PL light . Rotatory lighting dan flood light bisa bertahan lebih dari 20.000 jam, sedangkan down light dan PL light bertahan lebih dari 50.000 jam.

Penggantian lampu bisa menghemat energi sebesar 20%. Sementara mengganti cat dengan produk keluaran Enovatek bisa mengurangi konsumsi energi sebesar 6-7%. Sebelum mengganti cat, Leong memperhitungkan cahaya yang masuk di dalam suatu ruangan. Semakin kecil cahaya yang masuk, maka semakin besar daya pantul cat yang dihasilkan supaya ruangan lebih terang.

Enovatek didirikan pada 2009 di Singapura. Enovatek bekerja pada berbagai proyek hotel sampai bangunan ritel antara lain IKEA Singapura, High Street Plaza Singapore, Singapore International Airlines Hpuse, dan Shankars Emporium.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5284 seconds (0.1#10.140)