Sofa Cantik Sekaligus Kuat

Rabu, 15 April 2015 - 10:20 WIB
Sofa Cantik Sekaligus Kuat
Sofa Cantik Sekaligus Kuat
A A A
Sofa umumnya menjadi “penghuni” tetap sebuah ruang keluarga, di samping sang penghuni sesungguhnya. Menikmati saat bersantai bersama keluarga sambil menonton acara kesayangan di televisi tentu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi ditunjang dengan keberadaan furnitur yang satu itu.

Sebelum sibuk mencari bermacam- macam pernik ataupun detail untuk mempercantik sofa seperti aksesori dan bantal, carilah dulu informasi yang lengkap sekaligus mendasar mengenai inti dari sofa itu sendiri. Dengan demikian, saat berburu ke toko, Anda sudah punya “bekal” yang lengkap. Harga sofa bermacam-macam, mulai dari yang harganya satu juta hingga puluhan juta rupiah.

Kualitas, efek nyaman, dan desain sofa memengaruhi faktor harga. Fungsi sofa juga bermacam-macam, mulai untuk menjamu tamu atau sekadar menjadi tempat bersantai sambil menikmati suasana rumah atau menikmati kudapan kecil. “Saat membeli sofa, kita harus mempertimbangkan dulu seberapa banyak waktu yang bakal dihabiskan di atas sofa atau hanya menjadi pajangan semata.

Lupakan sofa rancangan desainer Italia yang terkenal jika kita tidak mampu menjangkaunya. Namun, jangan pula memilih sofa yang harganya sangat murah karena bisa jadi kualitasnya di bawah rata-rata,” tutur desainer interior Rina Renville. Ada baiknya sesuaikan fungsi serta kebutuhan ruang dan sofa.

Ruang keluarga biasanya menjadi tempat berkumpul dan bercengkerama dengan seluruh anggota keluarga, bahkan tidak jarang dijadikan tempat pertama yang dituju para tamu akrab yang bertandang ke rumah kita. Jadi, lebih baik Anda memilih sofa berbentuk panjang supaya makin menghidupkan suasana yang akrab.

“Mengenai ukuran sofa tergantung pada kebutuhan, gaya hidup, ukuran ruang, dan berapa banyak penggunaan sofa itu sendiri. Sebuah keluarga yang kerap mengadakan jamuan dan mengundang kerabat, tentu membutuhkan banyak sofa berukuran besar untuk menampung tamu yang datang. Sedangkan pasangan yang baru menikah dan tidak sering menjamu tamu, mungkin tak memerlukan banyak tempat duduk,” papar Rina.

Jangan pula melupakan ukuran ruang. Proporsi sofa terkait dengan ukuran ruang. Tatalah secara sederhana. Anda tidak mungkin meletakkan lima sofa berukuran besar dalam sebuah ruangan yang mungil. Sebagai aturan dasar, belilah sofa sesuai dengan proporsi ukuran ruang. Jika Anda masih membutuhkan tempat duduk, pilih dua kursi kecil atau beberapa arm chair untuk dipadupadankan.

Selain itu, bisa juga digunakan ottoman yang bisa difungsikan sebagai meja kopi sekaligus tempat penyimpanan yang dapat dibuka-tutup. Jika Anda mempunyai denah rencana tata letak rumah, gunakan sebagai tolak ukur saat memilih sofa. Bawa denah itu dan tunjukkan ke toko yang Anda datangi. “Ingatlah, sofa cenderung terlihat lebih kecil saat dipajang di toko daripada di ruang duduk. Jadi, pastikan sofa yang kita pilih memang pas dengan ukuran ruang di rumah,” ujar Rina.

Saat membeli sofa, perhatikan garansi yang ditawarkan, biaya pengangkutan, serta petunjuk membersihkan sofa. Meskipun harga sofa menjadi prioritas utama, hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang penting dan bermanfaat. Jangan tergiur oleh harga murah ketika ada sale .

Pahami juga proses pembuatan di balik sofa yang Anda lihat, dasar dan kekuatan di baliknya, perawatan dan pemeliharaan, serta fungsi keseluruhan sofa. Ingat, Anda harus membeli sofa yang cantik juga fungsional.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0672 seconds (0.1#10.140)