Waspada! Ini Modus Penipuan Mengatasnamakan BI

Minggu, 19 April 2015 - 19:43 WIB
Waspada! Ini Modus Penipuan Mengatasnamakan BI
Waspada! Ini Modus Penipuan Mengatasnamakan BI
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan waspada agar tidak terperdaya oleh segala bentuk penipuan dengan adanya modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Indonesia (BI) atau pegawai Bank Indonesia.

Selain itu, juga penipuan yang menggunakan identitas Bank Indonesia, melalui media telepon, surat, pesan singkat, email, BBM dan media komunikasi lainnya.

Dia memaparkan, berikut beberapa modus penipuan yang terjadi, di antaranya terpilih sebagai pemenang dalam undian berhadiah, permintaan sponsorship dalam bentuk pemasangan iklan/uang/materi lainnya, permintaan dana/komisi/fee terkait dengan pencairan bantuan dari Bank Indonesia.

"Permintaan menghadiri seminar/lokakarya/undangan lainnya dengan menarik dana partisipasi serta permintaan data/informasi nasabah seperti nomor rekening bank, nama, dan spesimen tandatangan nasabah," ujar Tirta dalam rilisnya, Minggu (19/4/2015).

Sehubungan dengan itu dapat diinformasikan, hal tersebut adalah tidak benar dan merupakan tindakan penipuan dan penyalahgunaan nama Bank Indonesia oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan dan kepentingan pribadinya.

Menurutnya, Bank Indonesia tidak pernah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut, baik secara langsung maupun bekerja sama dengan pihak lainnya.

"Bank Indonesia tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut," tukas dia.

Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, dia menyarakan, kepada pihak-pihak yang mendapat permintaan tersebut dapat mengonfirmasikannya terlebih dahulu di telepon (62-21) 131 pada Senin-Jumat di jam kerja, fax: (62-21) 386-4884 dan e-mail, bicara@bi.go.id.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9301 seconds (0.1#10.140)