OCBC NISP Targetkan Kredit Maritim Rp6 Triliun

Senin, 20 April 2015 - 08:47 WIB
OCBC NISP Targetkan...
OCBC NISP Targetkan Kredit Maritim Rp6 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Bank OCBC NISP Tbk tahun ini menargetkan kredit ke sektor maritim mencapai Rp6 triliun. Perseroan berniat menggenjot kontribusi kredit ke sektor maritim menjadi sebesar 8% dari total portofolio kreditnya.

Nilai tersebut diklaim tumbuh 15-20% dari penyaluran di tahun lalu. Presiden Direktur OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, pihaknya sudah siap masuk sektor maritim dan perkebunan. Dua sektor yang digaungkan pemerintah ini akan didukung agar akselerasinya lebih cepat. Pihaknya memiliki pengalaman sejak tahun lalu membiayai PT Samudera Indonesia yang terus berkembang.

”Kami melayani sistem terintegrasi dari pergudangan hingga pengapalan. Tantangannya juga cukup besar karena sektor transportasi atau perkapalan cukup melambat akibat komoditas yang menurun,” ujar Parwati di kantornya, Jakarta, belum lama ini. Dia mengatakan saat ini pembiayaan maritim masuk melalui segmen nasabah korporasi. Walaupun masih mengandalkan sektor UKM, dua sektor ini cukup dikuasai perseroan.

Bahkan dari enam sektor yang menjadi andalan pembangunan pemerintah, pihaknya yakin untuk memasuki dua segmen tersebut. Dua sektor ini merupakan yang bisa diberikan nilai tambah oleh perseroan. Menurutnya, ini jelas berbeda dengan sektor infrastruktur yang disebutnya masih relatif agak sulit dimasuki. Namun demikian, pihaknya sudah mulai menjajaki dengan pembiayaan jalan tol.

”Dari beberapa sektor, kami memiliki keahlian di perkebunan dan maritim. Di situ, kami lebih paham industrinya,” ujarnya. Sebelumnya perseroan telah menunjukkan komitmen di sektor kelautan dan maritim dengan memberikan sejumlah bantuan kepada warga di kampung nelayan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. Kondisi hunian yang terlalu padat di wilayah tersebut dan tidak adanya sumber air bersih menyebabkan warga harus hidup dalam kondisi yang kurang layak.

Mayoritas warga yang bermata pencarian sebagai nelayan ini tidak semuanya memiliki perahu dan perlengkapan melaut yang memadai, sehingga sering menjadi kendala untuk mencari ikan. Kegiatan sosial dilakukan ke kampung nelayan di Kali Adem dengan memberikan bantuan secara langsung kepada warga.

Mengangkat tema Nelayan Sejahtera, Maritim Jaya”, Bank OCBC NISP melalui program corporate social responsibility (CSR) memberikan bantuan berupa tiga perahu penangkap ikan yang dilengkapi dengan berbagai peralatan yang diperlukan bagi para nelayan melaut.

Sementara untuk mengatasi keterbatasan air bersih, Bank OCBC NISP juga membangun instalasi air bersih serta memasang alat pipa distribusinya yang disalurkan langsung ke perumahan warga, sekaligus membangun fasilitas mandi cuci kakus (MCK) dalam rangka peningkatan sanitasi warga di kampung nelayan tersebut.

Hafid fuad
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0605 seconds (0.1#10.140)