RI Harus Jadikan KAA Momentum Tingkatkan Ekspor

Senin, 20 April 2015 - 12:23 WIB
RI Harus Jadikan KAA Momentum Tingkatkan Ekspor
RI Harus Jadikan KAA Momentum Tingkatkan Ekspor
A A A
JAKARTA - Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 resmi bergulir dan Indonesia sebagai tuan rumah dipandang perlu mengambil peluang dan menjadikan KAA sebagai momentum meningkatkan ekspor.

Direktur Institute Development for Economics and Finance‎ (Indef) Enny Sri Hartati mengungkapkan, ajang tahunan tersebut menjadi momentum Indonesia untuk membidik negara tujuan ekspor baru, salah satunya ke Afrika. Pasalnya, potensi Afrika untuk jadi pasar ekspor Indonesia sangat luar biasa.

"Selama ini yang jadi stigma Afrika kan identik bahwa miskin, terbelakang, dan sumber penyakit. Padahal kalau data, Afrika justru di atas Asia pertumbuhan ekonominya. Kalau soal pertumbuhan ekonomi sudah berbeda jauh," ucap Enny saat peresmian Housing Finance Center BTN di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi beberapa negara di Afrika ‎bahkan telah double digit. Sebab itu, ini bisa menjadi potensi pasar ekspor Indonesia, yang saat ini masih kesulitan diversifikasi ekspor.

"‎Sekarang ini jadi momentum. Apalagi kebutuhan Afrika masih basic need. Seperti makanan jadi, tekstil, dan sebagainya. Nah di produk-produk tersebut, kita masih punya competitiveness. Sebab itu kita ingin KAA tidak hanya sekadar seremonial, tapi benar-benar mengejawantahkan visinya dulu," tandas Enny.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5211 seconds (0.1#10.140)