Keuntungan Pertamina Bubarkan Petral

Minggu, 26 April 2015 - 07:10 WIB
Keuntungan Pertamina Bubarkan Petral
Keuntungan Pertamina Bubarkan Petral
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan segera membubarkan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bermarkas di Singapura, Pertamina Energy Trading Limited (Petral) pada tahun ini. Hal tersebut dilakukan mengingat kewenangan Petral dalam pengadaan minyak telah dilimpahkan ke anak usaha Integrated Supply Chain (ISC).

Lantas adakah keuntungan yang akan didapat Pertamina jika Petral benar-benar dibubarkan?

Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas (RTKM) Agung Wicaksono mengungkapkan, kontrol perseroan terhadap unit ataupun anak usahanya menjadi lebih kuat jika Petral dibubarkan. Pasalnya, seluruh kegiatan anak usaha akan dipusatkan di Indonesia.

"Jadi sepenuhnya ada di tangan Pertamina, dan ada di dalam area Indonesia," ujarnya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Sabtu (25/4/2015).

Selain itu, lanjut Agung, perseroan juga bisa melakukan efisiensi dengan bubarnya Petral. Biaya yang selama ini digunakan untuk mengurus dan mengawasi anak usahanya bisa dipangkas.

"Selama ini kan dengan beroperasi di Singapura ternyata faktor biayanya sangat besar. Kalau biaya besar, tapi memang ada peran dan harus berada di sana (Singapura) enggak apa-apa," imbuhnya.

"Faktanya mereka hanya berperan untuk memasok kebutuhan Pertamina, yang sebetulnya tidak perlu di Singapura. Kalau setelah itu mau bikin trading company khusus ya terserah," tandas Agung.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4921 seconds (0.1#10.140)