Lebaran, Pelni Ajukan Penambahan Kapasitas Angkut

Rabu, 29 April 2015 - 09:33 WIB
Lebaran, Pelni Ajukan...
Lebaran, Pelni Ajukan Penambahan Kapasitas Angkut
A A A
JAKARTA - Memasuki masa angkutan Lebaran 2015, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mengajukan penambahan kapasitas angkut penumpang dari sebelumnya 135% menjadi 200%.

”Sejak akhir tahun 2014 memang ada batasan maksimal penumpang per kapal saat peak season itu 135% dari total kapasitas angkut. Makanya, kita mau tambah menjadi 200% dari total kapasitas. Itu masih aman, kita ajukan ke Kementerian Perhubungan,” ujar Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan PT Pelni Akhmad Sujadi di Jakarta kemarin. Dia menambahkan, pengajuan tambahan kapasitas penumpang tahun ini masih lebih rendah dibanding tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 400%.

Dengan kondisi tersebut, satu kapal bisa mengangkut sekitar 8.000 orang dari kapasitas 2.000 orang ”Jadi, meski meminta tambahan kapasitas hingga 200%, tahun ini diperkirakan jumlah penumpang Lebaran turun sekitar 5-10%,” katanya. Tahun ini PT Pelni juga akan mengoperasikan 24 kapal untuk mengangkut pemudik Lebaran. Perusahaan pelayaran pelat merah ini pun siap diberi penugasan untuk mengangkut sepeda motor.

”Tahun lalu kami siapkan dua kapal untuk angkutan bermotor yakni KM Ciremai dan KM Dorolonda. Tahun ini, kami juga berbenah untuk banyak hal. Misalnya, menambah kelas ekonomi dengan mengubah kelas kabin yang kurang diminati penumpang,” ujar dia Sementara, terkait rencana pembelian dua kapal barang oleh PT Pelni senilai Rp500 miliar, sampai saat ini perseroan masih melakukan tahapan survei. Direktur Utama PT Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, kapal yang akan dibeli merupakan kapal bekas dari berbagai negara seperti Singapura, Jepang, China dan Korea.

”Enam kapal itu kita beli bekas. Anggarannya kita gunakan dari penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp500 miliar. Kami targetkan Juni sudah ada dan bisa operasi,” kata dia di Jakarta kemarin. Sebelumnya PT Pelni mendapatkan dana PMN sebesar Rp500 miliar untuk membeli enam kapal khusus pengangkut barang.

Kapal-kapal tersebut terdiri atas kapal berkapasitas 700 teus dan 350 teus. Pelni sendiri menyiapkan anggaran sebesar Rp204 miliar untuk membeli kapal tipe 700 teus dan sisanya sebanyak Rp296 miliar untuk tipe 350 teus.

Ichsan amin
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0643 seconds (0.1#10.140)