BI Prediksi Ekonomi Sulsel Triwulan II Makin Baik

Jum'at, 01 Mei 2015 - 03:36 WIB
BI Prediksi Ekonomi Sulsel Triwulan II Makin Baik
BI Prediksi Ekonomi Sulsel Triwulan II Makin Baik
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) memprediksi ekonomi Sulsel akan semakin membaik di triwulan II, apalagi di triwulan I trennya meningkat.

Berdasarkan Survei NI Sulsel yang mengacu pada survei kegiatan dunia usaha (SKDU), survei konsumen (SK), survei penjualan eceran (SPE), survei harga properti residensial (SHPR) pasar perdana, SHPR pasar sekunder, survei properti komersial (SPK), serta didukung data perbankan Maret 2015, menunjukkan indikasi bahwa ekonomi Sulsel triwulan II/2015 diperkirakan lebih baik dari triwulan I.

Kepala Divisi Advisory dan Pengembangan Ekonomi Daerah Noor Yudanto menuturkan, kuatnya ekonomi Sulsel ditunjukkan oleh hasil SKDU triwulan I/2015 yang menghasilkan nilai SBT1 sebesar 29,02%, atau naik tipis dari triwulan sebelumnya (28,25%).

Dia menjelaskan, lapangan usaha utama seperti sektor pertanian, sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR), serta sektor pengangkutan dan komunikasi tetap berperan sebagai pendorong utama tercermin dari angka saldo bersih tertimbang (SBT) masing-masing 18,75%:4,94% dan 2,64%.

"SBT sektor PHR memperlihatkan sedikit penurunan dibanding hasil survei triwulan sebelumnya (9,87%), disinyalir sebagai dampak dari penerapan kebijakan Menpan terkait pembatasan rapat!pertemuan pejabat pemerintah di hotel," jelasnya, Kamis (30/4/2015).

Noor memaparkan, perekonomian Sulsel pada triwulan II/2015 diperkirakan akan kembali meningkat sesuai pola musimannya. Hasil SKDU menguatkan indikasi tersebut seperti tercermin dari nilai SBT sebesar 52,03% yang jauh lebih tinggi dari realisasi triwulan I/2015 (29,02%).

"Dari aspek pendorongnya, menurut para responden (pelaku usaha produksi) pertumbuhan ini didukung karena perkiraan meningkatnya permintaan domestik dan peningkatan kualitas barang/jasa," tuturnya.

Kontribusi peningkatan kegiatan dunia usaha diperkirakan masih berasal dari sektor pertanian dengan SBT 30,96%, diikuti sektor PHR dengan SBT 10,56%. Sektor bangunan diperkirakan juga menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 5,64%.

Konsumsi masyarakat Sulsel pada April 2015 masih tetap kuat terindikasi dari optimisme indeks keyakinan konsumen (IKK) dan pertumbuhan indeks penjualan riil (IPR). Survei konsumen (SK) menunjukkan bahwa indeks keyakinan konsumen (IKK) April 2015 masih berada dalam level optimis dibanding bulan sebelumnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7076 seconds (0.1#10.140)