Libur Panjang Tiket KA Ludes

Kamis, 30 April 2015 - 19:30 WIB
Libur Panjang Tiket KA Ludes
Libur Panjang Tiket KA Ludes
A A A
SEMARANG - Libur hari buruh atau May Day yang jatuh pada Jumat (1/5/2015), dibarengi dengan akhir pekan, dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian ke luar kota, seperti Surabaya, Malang, Solo dan Jakarta, menggunakan kereta api (KA). Alhasil, tiket KA kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif ludes terjual.

Vice Presiden PT KAI Daop 4 Semarang, Apriyono Wedi Chresnanto mengatakan, untuk liburan panjang kali ini kondisi angkutan perkeretaapian di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang rata-rata sudah habis terjual.

Untuk Minggu (3/5/2015) tiket KA dari arah Semarang menuju Jakarta sebanyak 15 perjalanan sudah habis terjual. Sementara untuk Kamis (30/4/2015) dan Jumat (1/5/2015) di wilayah Semarang ada lonjakan kenaikan jumlah kedatangan para penumpang dari arah Jakarta.

Di mana 15 perjalanan KA dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, okupansinya telah di atas 95%.

Sementara untuk KA ekonomi subsidi yang melintas di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sebanyak 4 perjalanan kereta api, di antaranya KA Brantas (Jakarta-Kediri/PP), KA Matarmaja (Jakarta-Malang), KA Ketajaya (Jakarta-Surabaya) dan KA Tawang Jaya (Jakarta-Semarang), juga sudah habis terjual.

“Untuk KA ekonomi mulai 30 April sampai 3 Mei 2015 telah habis terjual, baik dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur. Begitupun sebaliknya,” terang Apriyono, Kamis (30/4/2015).

Sementara untuk lokal, seperti KA Kaligung Mas (Semarang-Tegal) dengan jumlah rangkaiannya 7 gerbong ekonomi dan KA Kamandaka (Semarang - Purwokerto) dengan jumlah rangkain enam gerbong kereta ekonomi saat ini pemesannya sudah mencapai 45%.

“Untuk KA lokal rata-rata pembelian tiketnya go show, jadi mereka datang dan langsung berangkat. Kami memprediksi untuk mendekati jam pemberangkatannya akan penuh juga alias okupansinya 100%,” jelasnya.

Humas Daop 4 Semarang Suprapto menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terjadi selama liburan panjang ini, PT KAI DAOP 4 Semarang memaksimalkan stand formasi rangkaian yang ada.

Selain itu, PT KAI melakukan penambahan satu gerbong khusus untuk KA Argo Sindoro dan KA Argo Muria (Semarang - Jakarta) sehingga jumlah rangkaian yang beroperasi menjadi delapan gerbong KA eksekutif. Pada hari biasa kedua KA hanya beroperasi dengan tujuh gerbong KA kelas eksekutif.

Penambahan gerbong juga dilakukan untuk KA Menoreh (Semarang-Jakarta) dari delapan gerbong KA menjadi sembilan gerbong KA ekonomi plus. "Kami ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat selama liburan kali ini,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6874 seconds (0.1#10.140)