BPS Prediksi Mei Masih Inflasi

Senin, 04 Mei 2015 - 15:27 WIB
BPS Prediksi Mei Masih...
BPS Prediksi Mei Masih Inflasi
A A A
JAKARTA - Deputi Statistik Distribusi dan Data Sasmito Hadiwibowo Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi pada Mei 2015 masih akan terjadi inflasi, namun angkanya tidak akan jauh berbeda dengan April 2015.

Saat ini dia belum mau membocorkan prediksi inflasi Mei 2015. Kendati demikian, angkanya bisa lebih besar atau lebih kecil dari inflasi bulan ini.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa barang komoditas yang harganya naik. Namun di sisi lain, terdapat barang rumah tangga yang mengalami penurunan harga.

"Ya bisa kurang bisa lebih, saya enggak tahu. Barang mulai naik, CPO naik tapi kan minyak goreng sekarang sedang turun. Tapi mungkin juga dengan adanya pajak ekspor bisa menjaga minyak goreng enggak naik. Jadi pemerintah sudah ancang-ancang juga. Untuk beras juga mudah-mudahan enggak balik naik," ungkap Sasmito di gedung BPS, Jakarta, Senin (4/5/2015).

Dia berharap, inflasi Mei berada di bawah 0,5%. Mengingat, pada bulan tersebut sudah melewati puncak panen padi.

"Saya kira beras stabil ya. Jadi kemungkinan besar Mei enggak jauh beda dari April. Kita harapkan dibawah 0,5% sih. Nah yang harus diwaspadai itu Juni-Juli lah. Karena numpuk penyebab inflasinya di situ,"imbuh Sasmito.

Sebab itu, lanjutnya, pemerintah harus mengambil ancang-ancang menghadapi kenaikan harga yang biasa terjadi pada bulan puasa. "Puasa kan pertengahan Juni, jadi mungkin ancang-ancangnya Juni. Kan Mei juga belum liburan sekolah kan, jadi ya dampaknya Juni-Juli lah," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0612 seconds (0.1#10.140)