MNC Bank Kembangkan Layanan Digital

Selasa, 05 Mei 2015 - 10:15 WIB
MNC Bank Kembangkan Layanan Digital
MNC Bank Kembangkan Layanan Digital
A A A
JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (MNC Bank) siap luncurkan layanan internet dan mobile banking di semester dua tahun ini. Perseroan telah menggelontorkan dana investasi infrastruktur mencapai Rp20 miliar sejak November tahun lalu.

Direktur Utama MNC Bank Benny Purnomo mengatakan pihaknya akan memperkuat infrastruktur layanan transaksi bagi nasabah. Hal ini diharapkan dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan simpanan atau Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan. Dia menargetkan nilai DPK bisa mencapai Rp1 triliun hingga semester satu tahun ini. Perseroan optimistis dapat memanfaatkan peluang meskipun perekonomian masih cenderung tertekan hingga pertengahan tahun.

”Salah satu cara meningkatkan DPK dengan memperkuat layanan. Saat ini simpanan semakin naik karena masyarakat simpan uang tunai karena perekonomian tertekan,” ujar Benny saat peresmian relokasi KCP Pluit di Jalan Pluit Kencana, Jakarta Utara kemarin. Dia mengatakan nilai simpanan nasabah berhasil tumbuh Rp600 miliar dari awal tahun hingga kuartal pertama tahun ini.

Total DPK mencapai Rp8,2 triliun atau tumbuh 26% dari Maret tahun lalu. Setidaknya semester satu, DPK bertambah Rp1 triliun dari akhir tahun lalu. Sedangkan komposisi dana murahatauCASAbarumencapai 20% dibandingkan dana mahal. ”Ini sudah cukup bagus untuk bank di level kami,” ujarnya. Selain itu dia Benny mengatakan perseroan melakukan relokasi Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pluit ke kantor baru di Jalan Pluit Kencana.

Untuk pemindahan KCP tersebut, pihaknya menghabiskan investasi hingga Rp2 miliar. Wilayah Pluit Kencana dipilih karena dinilai sebagai pusat by safeweb"> bisnis kawasan Pluit. ”Pluit Kencana itu kawasan bank. MNC Bank ikut meramaikan keadaan yang sudah ada. Saat ini jarang nasabah hanya menabung di satu bank sehingga ini jadi lebih memudahkan. Potensi kawasan ini sangat tinggi,” jelasnya.

Dibukanya KCP MNC Bank tersebut, dia berharap para karyawan bisa meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Benny mengatakan KPC tersebut merupakan relokasi dari lokasi lama yang sebelumnya di belakang Mega Mall. ”Diharapkan relokasi ini membuat cabang akan lebih berkembang. Jadi nasabah kalau datang ke sini bisa beberapa bank.

Mereka biasanya ke tempat di mana bank kumpul lalu dari bank ke bank mereka pindah,” ujarnya Benny juga mengucapkan terima kasih atas kesetiaan para nasabah MNC Bank yang sampai saat ini mempercayakan penyimpanan dananya pada MNC Bank. Pada acara peresmian ini juga telah diberikan hadiah satu unit sepeda motor kepada nasabah setia MNC Bank yang telah membuka tabungan MNC berhadiah. Salah satu nasabah Imelda Kertojoyo, yang berhasil mendapatkan hadiah motor tersebut mengatakan dirinya baru menabung di MNC Bank sejak awal tahun ini.

Baginya ini adalah permulaan yang baik dan diharapkan bisa tercipta komunikasi yang lebih baik lagi. Menurutnya relokasi ini sangat tepat sekali dan memberikan kenyamanan bagi dirinya. Saat ini dia menjadi nasabah lima bank dan tinggal di kawasan Muara Karang. ”Karyawannya ramah dan kantornya sekarang jauh lebih baik. Karena kantornya lebih besar dan parkir lebih luas.

Berikutnya saya mengincar hadiah utama mobil Honda,” ujar Imelda dalam kesempatan yang sama. Seperti diketahui, hingga Maret 2015 MNC Bank mengalami peningkatan total aset sebesar 26%. Dari sebelumnya Rp7,96 triliun menjadi Rp10 triliun. Sementara itu total dana pihak ketiga (DPK) meningkat 26% menjadi Rp8,19 triliun.

Total kredit naik 12% menjadi Rp6,1 triliun, total ekuitas melonjak 70% menjadi Rp1,3 triliun dan laba bersih meroket 114% menjadi Rp2,07 miliar. Perseroan menargetkan margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) tahun ini bisa mencapai 4% dengan fokus menyalurkan kredit ke segmen yang memberikan imbal hasil tinggi, yakni segmen konsumer.

Hafid fuad
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6403 seconds (0.1#10.140)