Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah Mungil

Rabu, 06 Mei 2015 - 11:40 WIB
Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah Mungil
Memilih Furnitur yang Tepat untuk Rumah Mungil
A A A
FURNITUR memang selalu menjadi pelengkap tampilan rumah. Penggunaan furnitur yang tepat bisa membuat penghuni rumah merasa nyaman. Lalu bagaimana dengan tampilan furnitur untuk rumah minimalis atau yang berada di lahan sempit?

Saat ini perkembangan pembangunan rumah minimalis sangat menjamur. Bagi Anda yang ingin membuat tipe rumah yang minimalis, biasanya tidak memiliki ukuran ruang yang besar, tentunya harus mengetahui terlebih dahulu desain furnitur minimalis. Karena jika Anda salah memilih furnitur untuk rumah mungil, kesan sederhana dan nyaman yang ingin Anda rasakan akan hilang seketika.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui beberapa furnitur yang pas dan bisa diaplikasikan di rumah mungil Anda. Langkah awal yang harus Anda lakukan saat ingin membeli furnitur untuk rumah mungil adalah ukuran. “Ruang yang mungil atau minimalis harus menggunakan furnitur yang minimalis juga. Itu karena jika tidak, maka rumah kecil akan terasa sesak. Minimalis di sini, artinya ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, namun tetap terkesan mewah,” tutur desainer interior Susan Octari Yohan.

Susan menyebutkan, carilah furnitur rumah yang sesuai dengan fungsi rumah. Misalkan, kita ingin memilih sofa untuk ruang tamu minimalis, maka jangan memilih sofa yang berukuran besar, dan juga cukup aplikasikan satu sofa besar dengan dua kursi kecil. Hal ini agar ruang tamu yang tidak terlalu besar tidak terasa sempit dan masih tersedia banyak ruang gerak.

Sebelum memilih furnitur model apa yang tepat untuk diaplikasikan di ruang mungil, ada baiknya lakukan pengecekan suhu ruangan terlebih dahulu. Misalkan suhu ruang rumah terasa panas, janganlah memilih furnitur yang terbuat dari kayu. Sebaiknya gunakan furnitur yang terbuat dari material kaca. Namun, bila rumah

Anda terasa sejuk, maka sangat cocok bila menerapkan furnitur dengan material kayu. kesan alami pun akan terasa bila Anda menggunakan furnitur yang terbuat dari material kayu. “Sekarang ini sudah banyak toko furnitur yang menjual furnitur khusus untuk rumah minimalis dengan cara dijual satu set. Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih furnitur yang sudah satu set agar tidak susah lagi memilih furnitur lainnya untuk dikombinasikan,” saran Susan.

Dengan memilih furnitur yang sudah satu set, maka akan membuat Anda mudah mengaplikasikannya sehingga tinggal memikirkan bagaimana memosisikan yang benar untuk ruang minimalis. Satu lagi yang tidak boleh Anda lupakan, yaitu multifungsikan setiap bagian dari furnitur Anda seperti adanya laci tempat menyimpan barang di bagian bawah meja atau bagianbagian lain yang menurut Anda bisa difungsikan lebih dari furnitur biasa.

“Untuk konsep rumah minimalis bisa menggunakan warna hitam atau cokelat untuk menambah kesan tegas, unik, namun sederhana,” kata Susan.

Aprilia s andyna
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7225 seconds (0.1#10.140)