5 Gerbang Tol Siap Uji Coba Bayar Tanpa Sentuh, Ini Daftarnya

Selasa, 07 Februari 2023 - 19:39 WIB
Daftar gerbang tol siap menerapkan sistem pembayaran tanpa sentuh. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Ali Rachmadi mengatakan pada Juni mendatang teknologi tol nir sentuh atau MLFF (Multi Lane Free Flow) bakal di aplikasikan di ruas tol Bali - Mandara.

Ali mengatakan setelah tahap uji coba di ruas Bali - Mandara, uji coba MLFF bakal diperluas pada 5 ruas tol lainnya. Paralel dilakukan setelah uji coba di Bali - Mandara dinyatakan sukses.

"Ada beberapa ruas yang rencananya yang kita siapkan, mungkin ada 5 ruas lagi yang akan kita siapkan, tetapi bertahap, satu dulu, Bali - Mandara, mudah-mudahan ini dalam uji coba berhasil, tidak ada deviasi dari pengumpulan tol nya, baru kita rilis yang ruas berikutnya," ujar Ali usai diskusi bersama Instran, Selasa (7/2/2023).



Lebih lanjut, Ali menjelaskan indikator kesuksesan pada tahap uji coba MLFF di Bali akan diukur dari tingkat kepatuhan para pengguna tol. Jika tidak ada transaksi yang terlewat, maka penerapan uji coba MLFF dikategorikan sukses.



"Tidak ada pengumpulan tol yang tidak terbayar dari pengguna jalan, kalau data registrasi pengguna kendaraan sudah aman 100% dan aplikasi ini berjalan 100% baru kitia bergerak ke ruas lain," kata Ali.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala BPJT Danang Parikesit mengungkapkan sejumlah ruas tol lainnya yang dinilai sudah siap uji coba MLFF di antaranya JORRS, Jagorawi, dan Samarinda - Balikpapan. "Sekarang sudah dibangun (tiang sensor) di JORRS, Jagorawi, kemudian kita juga akan mendorong yang di Samarinda - Balikpapan," kata Danang.

Danang juga menjelaskan setiap ruas tol yang akan digunakan sebagai uji coba hanya ada satu gerbang tol. Artinya beberapa gerbang tol lainnya masih memungkinkan untuk mengunakan e-money.



"Tahap pertama mau kita lakukan di beberapa ruas, begitu gate nya sudah dipasang dan dibangun akan kita langsung uji cobakan, sekarang kamernyaa (diatur) untuk mengenali kendaraan itu," pungkasnya.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More