Pos Indonesia Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Digital

Selasa, 07 Maret 2023 - 22:02 WIB
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana.
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) tak hanya mengembangkan bisnis semata, namun perusahaan BUMN ini juga fokus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar go digital dan naik kelas.

Diketahui saat ini terdapat 64 juta UMKM, namun baru 19,5 juta UMKM yang melek digital. Presiden Joko Widodo telah menyampaikan arahan agar dilakukan percepatan transformasi digital UMKM Indonesia. Sebanyak 30 juta UMKM ditargetkan on boarding di ekosistem digital pada 2024.

Terkait hal itu, PT Pos Indonesia membantu mendorong UMKM naik kelas dengan go digital, go online, go commerce, dan go global. Salah satu caranya adalah dengan mengajak UMKM memanfaatkan jasa kurir dan logistik Pos Indonesia. Saat ini Pos Indonesia menyediakan gudang penyimpanan atau warehouse, yang diberi nama Stori. Bukan sekedar warehouse biasa, Stori merupakan layanan fulfillment dengan platform digital atau biasa disebut Cloud Store.

(Baca juga:Pos Indonesia Luncurkan Nomor Halo Pos Baru)

Stori tersebar di lebih dari 150 titik, yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan terus bertambah seiring perkembangan pelaku bisnis online, UMKM, dan berbagai perusahaan yang kini merambah ke bisnis online yang tentunya berorientasi pada peningkatan efektifitas operasional.



Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana mengatakan Pos Indonesia akan membantu para pelaku bisnis mengefisiensikan kegiatan operasional yang repetitif seperti inbound, stock opname, quality control, shelving, packing, labeling, proses order hingga delivery.

Stori ini, kata Siti Choiriana, disiapkan ke UMKM untuk menyimpan produk secara gratis. “Ketika produknya laku dijual, barulah nanti ada fee di situ. Dengan seperti ini akses marketnya akan terbuka,” kata Siti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/3/2023).

(Baca juga:Perluas Market Internasional, Pos Indonesia Luncurkan Pos Migran Indonesia)

Menurut Siti Choiriana, kegiatan yang dilakukan Pos Indonesia di bidang logistik ini sudah terbukti (proven). Karena Pos Indonesia telah menghasilkan logistik yang modern, dilengkapi warehouse management system. Perseroan juga telah menyiapkan dashboard supaya stakeholder bisa melihat secara real time.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More