Tumbuh 49,3%, PGE Cetak Laba Bersih Rp715,4 Miliar di Kuartal I 2023

Kamis, 01 Juni 2023 - 12:00 WIB
PGE mencatatkan kinerja positif di kuartal I 2023. FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk ( PGE ) membukukan laba bersih sebesar Rp715,4 miliar pada kuartal I 2023. Nilai tersebut naik 49,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp478,6 miliar.

"Saat ini PGE berada di posisi keuangan solid untuk terus tumbuh secara berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan tingkat debt to equity ratio (DER) yang kuat, yaitu di kisaran 40%," kata Direktur Keuangan PGE Nelwin Aldriansyah dalam pernyataan resmi, di Jakarta, Kamis (1/6/2023).



Dia mengatakan peningkatan laba bersih PGE diiringi dengan peningkatan pendapatan usaha sebesar 19% dengan laba kotor yang juga tumbuh sebesar 32,7%. Kinerja keuangan PGE, kata Nelwin, menunjukkan efisiensi operasional yang dilakukan perseroan yang akan berdampak pada pertumbuhan berkelanjutan.

"Pencapaian yang sangat baik ini tentunya akan menjadi pemacu kami untuk dapat terus tumbuh dan berkembang dalam menyediakan energi hijau bagi masyarakat Indonesia," kata dia.



Menurut dia nilai aset PGEO itu naik menjadi Rp43,4 triliun. Peningkatan tersebut mencerminkan upaya PGE dalam mengoptimalkan pengelolaan dan investasi aset, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan dan mendorong pemanfaatan potensi panas bumi di Indonesia.

PGE juga melunasi pinjaman jangka pendek (bridge loan) sebesar Rp6 triliun yang diraih dari penerbitan obligasi hijau yang berkontribusi terhadap pengurangan total utang Perseroan pada kuartal I 2023 menjadi Rp11,3 triliun. "Ini menjadikan struktur permodalan PGE menjadi lebih ideal dan kuat," ujar dia.



PGE ke depan akan tetap fokus untuk memperkuat posisinya di sektor energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya geothermal serta memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan berkelanjutan Indonesia guna menyediakan akses ke energi bersih dan ramah lingkungan yang andal dan terjangkau.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More