23 Negara Tanpa Pajak Penghasilan, Salah Satunya Dekat Indonesia

Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:18 WIB
Tarif pajak yang diterapkan sangat bervariasi antar negara, namun ada juga beberapa di antaranya tanpa pajak penghasilan. Setidaknya ada 23 negara di dunia yang tidak menerapkan pajak penghasilan. Foto/Dok Adobe Stock
JAKARTA - Secara global, pajak penghasilan merupakan salah satu penyumbang utama pendapatan pemerintah. Tarif pajak yang diterapkan sangat bervariasi antar negara, namun ada juga beberapa di antaranya tanpa pajak penghasilan. Setidaknya ada 23 negara di dunia yang tidak menerapkan pajak penghasilan.



Pada negara-negara dengan pajak penghasilan nol, warga negara bisa sepenuhnya mendapatkan semua pendapatan mereka. Meski memiliki beberapa manfaat potensial, tarif pajak nol tidak selalu berarti standar hidup yang lebih baik.



Tercatat ada hampir 23 negara tanpa pajak penghasilan. Negara-negara ini memiliki keragaman, mulai dari letak geografis, sejarah, konteks, dan alasan tidak adanya pajak penghasilan. Berikut daftar lengkap 23 negara tanpa pajak penghasilan:



23. Somalia

Somalia tidak memiliki tarif pajak penghasilan yang tetap, karena statusnya sebagai negara gagal. Setelah negara itu jatuh ke dalam perang saudara pada awal 1990-an, pemerintahnya berjuang untuk mendapatkan kembali kendali.

22. Vanuatu

Perekonomian negara yang satu ini bergantung pada pariwisata, pertanian, dan perikanan. Mereka memiliki populasi kecil, dan pemerintah telah mengadopsi kebijakan untuk memudahkan proses kewarganegaraan sambil menarik investor asing. Pemerintah mengandalkan sektor lain dan pajak untuk pendapatan, tetapi bukan pajak penghasilan.

Untuk pajak penghasilan (PPh), pemerintah Vanuatu tidak menerapkannya. Dengan demikian, tarif pajak atas penghasilan, keuntungan, dan capital gain adalah 0%.

Vanuatu dengan nama resminya Republic of Vanuatu adalah sebuah Negara Pulau yang terletak di Samudera Pasifik dalam wilayah Melanesian. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, sebelah timur laut Kaledonia Baru, sebelah barat Fiji and sebelah barat Kepulauan Solomon.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More