Kantor Kementerian BUMN di IKN Belum Dibangun, Begini Kata Erick Thohir

Rabu, 27 September 2023 - 12:48 WIB
Hingga saat ini peletakan batu pertama (Groundbreaking) kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara belum dilakukan, begini penjelasan Menteri Erick Thohir. Foto/Dok
JAKARTA - Hingga saat ini peletakan batu pertama (Groundbreaking) kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ibu Kota Negara ( IKN ) Nusantara belum dilakukan. Padahal, infrastruktur Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sudah dibangun.



Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, peletakan batu pertama Kementerian BUMN akan segera dilakukan. Saat ini tim yang dipercaya tengah melakukan berbagai persiapan.

"Ya, nanti itu ada timnya InsyaAllah secepatnya karena kembali kita tidak mau membangun, tapi zonanya dalam tahap pembangunan," ujar Erick saat ditemui di tempat kerjanya, Rabu (27/9/2023).





Pemerintah, lanjut dia, mendahulukan pembangunan kantor Kemenko (Kementerian Koordinator) dan infrastruktur dasar lainnya terlebih dahulu. Erick Thohir menilai hal ini untuk menghindari mis koordinasi.

"Supaya jangan, istilahnya kita dahulukan dulu kantor Kemenko, kawasan lain, biar kita mengikuti. Supaya jangan sampai nanti ada miskoordinasi, tetapi kita siap bangun sesuai dengan deadline nanti ditentukan oleh IKN, misalnya IKN minta groundbreaking-nya Januari, ya kita lakukan Januari," ucapnya.

Di sisi lain, tidak semua BUMN akan melaksanakan aktivitas perkantor di IKN Nusantara. Pasalnya, sebagian kantor perseroan diopsikan akan dibangun di berbagai daerah.

Erick Thohir mengatakan, hanya aktivitas perkantoran Kementerian BUMN selaku pemegang saham yang dipusatkan di IKN. Sementara unit bisnisnya rencananya di sebarkan di beberapa wilayah strategis atau sesuai dengan historical perusahaan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More