PEP Rantau Field Kembangkan Program Ekonomi Kreatif Masyarakat Difabel

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 18:08 WIB
Selain bengkel dan Coffe, Rumah Kreatif Tamiang juga memiliki sub-unit usaha Rumah Limbah. Rumah Limbah adalah tempat pengolahan minyak jelantah yang merupakan limbah rumah tangga menjadi lilin aroma terapi dan sabun. Produk Rumah Limbah dipasarkan di Galeri Ajang Ambe, yang merupakan pusat pemasaran berbagai produk UMKM di Aceh Tamiang.

PEP Rantau juga memiliki program TJSL Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP) yang memanfaatkan gas sisa produksi untuk menghasilkan listrik yang selanjutnya disimpan pada kotak energi yang dapat digunakan untuk kondisi darurat serta mengurangi biaya operasional usaha kelompok difabel.

Kemudian, program TJSL lainnya adalah pendampingan Kelompok "Meghek Betuah" Petani Aren yang diinisiasi pada 2019. Program ini bertujuan menghasilkan One Village One Product (OVOP). Selain menjual gula aren dalam bentuk blok, kelompok ini juga melakukan inovasi produksi produk turunan gula aren nira seperti gula cair dan gula aren semut.

"Program Rumah Kreatif Tamiang mengimplementasi Sustainable Development Goals sebagai indikator tujuan pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan dan berkelanjutan," ujar Head of Comrel & CID Zona 1 Djulianto Tasmat.
(fjo)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More