Catat, Ini Daftar Lengkap Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024

Selasa, 27 Februari 2024 - 18:32 WIB
Bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) akan kembali disalurkan pemerintah pada Maret nanti. FOTO/Ilustrasi/Dok. SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah bantuan sosial ( bansos ) dan bantuan langsung tunai ( BLT ) akan segera disalurkan pemerintah pada bulan Maret nanti. Keduanya akan diberikan kepada masyarakat penerima dalam bentuk uang maupun barang.

Mengutip Indonesia.go.id, pemberian bansos bagi masyarakat kurang mampu ditujukan sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu, bantuan tersebut juga diharapkan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidupnya.



Mengacu pada janji pemerintah sebelumnya, akan disalurkan sejumlah bansos untuk tahun 2024 yang terbagi atas beberapa tahap bagi keluarga penerima manfaat (KPM). Berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024

1. Bantuan pangan non tunai (BPNT)

Pertama, ada BPNT atau Bantuan pangan non tunai. Adapun peruntukannya ditargetkan bagi KPM berdasarkan DTKS Kemensos.



BNPT diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200 ribu per bulan yang ditukarkan dengan bahan makanan sesuai ketentuan di e-warong terdekat. Harapan bantuan ini adalah menjadikan masyarakat penerima memperoleh bahan pangan yang bergizi.

2. Program keluarga harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) ditujukan bagi KPM yang terdaftar dalam DTKS Kemensos. Adapun pembagiannya dilakukan secara bertahap selama satu tahun.

Pada program ini, penerima akan mendapat uang tunai sesuai kategorinya, yakni seperti ibu hamil, balita, lansia, penyandang disabilitas hingga anak sekolah. Berikut rincian PKH berdasarkan kelompok penerimanya:

-Ibu hamil/nifas mendapat Rp 750.000 per tahap, total Rp3 juta per tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More