Berusia 56 Tahun, Antam Masuk Jajaran BUMN dengan Laba Terbesar

Sabtu, 06 Juli 2024 - 10:24 WIB
Di tengah tantangan ekonomi global, BUMN tetap mampu memberikan kontribusi positif. 15 BUMN mampu memberikan laba besar untuk negara. Bukan main-main, laba Antam mencapai Rp3,07 triliun. Foto/Dok
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk ( Antam ), salah satu anggota PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID sebagai Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) di usia ke-56 tahun telah mencatatkan beragam kontribusi bagi negeri. Terbaru bahkan Menteri BUMN Thohir mengungkapkan kebanggaannya di media sosial.

"Di tengah tantangan ekonomi global, BUMN tetap mampu memberikan kontribusi positif. 15 BUMN mampu memberikan laba besar untuk negara. Pencapaian ini berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh jajaran komisaris, direksi, dan insan BUMN," tulisan Erick di Instagram pribadinya, dikutip Jumat (5/7/2024).





Bukan main-main, laba Antam mencapai Rp3,07 triliun dan selain itu, Antam juga telah membayarkan kewajiban kepada negara sebesar Rp3,36 triliun untuk tahun 2023. Kewajiban tersebut di antaranya pajak dan setoran penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Selain pajak dan PNBP, Antam juga telah melaksanakan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan besaran jumlahnya mencapai Rp174,66 miliar. Pada segi pengelolaan lingkungan, Antam terus berupaya untuk mengurangi dampak atas operasi yang ditimbulkan.



Direktur Utama Antam, Nico Kanter menyebut, perusahaannya menerapkan good mining practices dan operation excellent dengan mengutamakan keberlanjutan. “Hal itu diwujudkan dengan upaya nyata dalam melaksanakan ESG dalam seluruh aspek operasi,” katanya.

Nico menyebut Antam terus melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan melalui berbagai upaya seperti dekarbonisasi untuk menurunkan efek gas rumah kaca (GRK).

“Kami mendorong transisi energi dan pengurangan emisi, pengelolaan limbah yang baik, serta menerapkan kaidah dan ketentuan yang berlaku dalam pengelolaan lingkungan hidup,” tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More