Konsumsi Batubara UE Ambles ke Level Terendah, IEA Ungkap Kapan Titik Baliknya

Senin, 26 Agustus 2024 - 15:57 WIB
Data awal menunjukkan bahwa konsumsi dan produksi batubara UE (Uni Eropa) turun ke level terendah yang tercatat pada tahun 2023. Foto/Dok
JAKARTA - Data awal menunjukkan bahwa konsumsi dan produksi batubara UE ( Uni Eropa ) turun ke level terendah yang tercatat pada tahun 2023. Menurut badan statistik Eurostat, keduanya yakni konsumsi dan produksi batubara masing-masing turun lebih dari 20%.



Catatan tersebut mengiringi dua tahun peningkatan konsumsi dan produksi di wilayah tersebut. Konsumsi batubara di UE sepertinya menjadi penurunan tahunan terbesar, dimana menurut data Eurostat, anjlok lebih dari 100 juta ton (mt) pada 351 mt.





Selama tahun tersebut, Jerman dan Polandia adalah konsumen batu bara terbesar, dengan masing-masing sebesar 37% dan 27%.

Tenaga Surya Menyalip Batubara



Eurostat juga mengatakan bahwa pada tahun 2022, tenaga surya menyalip batubara sebagai sumber listrik untuk pertama kalinya.

Batubara keras atau antrasit, adalah varietas batubara yang memiliki kandungan karbon tertinggi dari semua jenis batubara. Hanya dua negara di Eropa yang masih memproduksinya, Polandia dan Ceko.

Tenaga surya menyumbang 210.249 GWh dari total produksi listrik UE pada tahun 2022, sementara 205.693GWh berasal dari batubara keras dan 241.572GWh dari batubara brown.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More