Tips MotionTrade: Pahami Perbedaan SID dengan RDN dalam Pasar Modal

Kamis, 19 September 2024 - 11:05 WIB
Lalu apa perbedaannya? Berikut perbedaan antara SID dan RDN yang telah dirangkum oleh MotionTrade!. Foto/Dok
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Berkenaan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas aktif mendukung penciptaan investor baru di pasar modal dengan menyediakan beragam instrumen investasi pasar modal , seperti saham, reksa dana, obligasi, dan produk turunan lainnya.



Jika Anda investor pemula di modal, Anda akan mendengar istilah RDN atau SID. Kedua istilah ini saling berkaitan. Lalu apa perbedaannya? Berikut perbedaan antara SID dan RDN yang telah dirangkum oleh MotionTrade !



1. Single Investor Identification (SID)

Single Investor Identification atau yang lebih dikenal dengan istilah SID merupakan nomor identitas investor pasar modal Indonesia yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Investor akan mendapatkan nomor SID setelah mendaftar melalui perusahaan efek.



Layaknya sebuah Kartu Tanda Penduduk (KTP), SID bersifat unik dan tidak ada kepemilikan ganda sehingga semua transaksi dan kepemilikan efek tercatat secara individual. Nomor SID juga diperlukan untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN).

2. Rekening Dana Nasabah (RDN)

RDN merupakan rekening yang diperlukan untuk bertransaksi di pasar modal seperti pembelian, penjualan efek, serta penerimaan dividen. Pembukaan rekening ini dapat dilakukan melalui bank yang bekerja sama dengan perusahaan efek. Rekening ini tidak berbentuk fisik seperti buku tabungan serta penarikan dananya tidak dapat dilakukan secara mendadak melalui ATM karena tidak memiliki kartu.

Seorang investor harus menyetor uang terlebih dahulu ke RDN sebelum membeli saham. Nantinya, RDN tersebut akan terhubung dengan platform aplikasi sekuritas yang dipilih untuk membeli saham.

Belum memiliki rekening efek? Segera buka rekening efek di MNC Sekuritas! Anda bisa memilih MNC Bank sebagai RDN Anda. Dapatkan bonus saldo Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah) untuk pembukaan RDN MNC Bank tanpa minimum deposit dan tanpa diundi! Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan tambahan e-voucher Blibli senilai Rp30.000 (tiga puluh ribu rupiah) jika Anda membuka Rekening MotionBank dan menggunakannya sebagai rekening akhir RDN.

Promo berlangsung hingga 30 November 2024. Segera buka RDN MNC Bank untuk bertransaksi di MotionTrade! Informasi lebih lanjut, Anda dapat mengakses link berikut: bit.ly/rdnmncbank

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade .

MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(akr)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More