Profil Sehat Sutardja, Orang Indonesia Pendiri Marvell Technology AS Meninggal Dunia

Kamis, 19 September 2024 - 16:40 WIB
Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, meninggal dunia pada usia 63 tahun. FOTO/Wikimedia Commons
JAKARTA - Sehat Sutardja, pendiri dan mantan CEO Marvell Technology, meninggal dunia pada usia 63 tahun. Kabar Sehat Sutardja meninggal diumumkan oleh perusahaan tempat ia menjabat sebagai dewan direksi, Alphawave IP Group yang terdaftar di bursa London, Inggris, Rabu (18/9).

"Alphawave IP Group mengumumkan kehilangan yang mendalam salah satu direktur eksekutif, Sehat Sutardja. Sehat Sutardja adalah salah satu pelopor industri semikonduktor modern dan pendukung kuat Alphawave Semi. Kehilangan dirasakan secara global di seluruh portofolio perusahaan teknologi dan kegiatan filantropi yang didukung," demikian pernyataan perusahaan dikutip SINDOnews, dari Market Screenner, Kamis (19/9/2024).

Baca Juga: Profil Pendidikan Sehat Sutardja, Miliarder Indonesia Pendiri Marvell Technology yang Berpulang di Usia 63 Tahun



Pria kelahiran Jakarta 1961 silam ini memulai mendirikan perusahaan Marvell Technology bersama saudaranya, Pantas Sutardja dan istrinya, Weili Dai pada 1995. Perjalanan Sutardja sampai ke pucuk pimpinan Marvell Technology merupakan buah hasil dari kegigihannya di bidang sains dan teknologi.

Sementara itu, Weili Dai, yang merupakan istri Sehat Sutardja, akan mengambil alih posisi sebagai direktur eksekutif interim di Alphawave Semi.

"Alphawave Semi menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada keluarga Sutardja dan Weili Dai. Beliau akan mengabdikan sisa hidupnya untuk meneruskan warisan suaminya yang luar biasa bersama anak-anaknya, dan tim-timnya yang hebat untuk melanjutkan inovasi dan karyanya," tulis penyataan resminya.

Sutardja pergi ke AS pada 1980 untuk belajar teknik elektro di Iowa State University. Ia menerima gelar Magister Sains dan Doktor dalam teknik elektro dan ilmu komputer dari University of California, Berkeley.

Setelah meninggalkan Marvell Technology pada 2016, Sehat Sutardja mendirikan Silicon Box, sebuah perusahaan chip yang berbasis di Singapura pada tahun 2021. Sutardja keluar dari Marvell setelah dinyatakan bebas dari tuduhan penipuan terhadap perusahaan yang ia pimpin selama dua dekade.

Ia dikenal luas atas dedikasinya dalam membangun industri semikonduktor global dan kedermawanannya. Menurut Forbes, kekayaannya diperkirakan mencapai USD1,3 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More