Menparekraf Apresiasi HNI Bantu Tingkatkan Konsumsi Produk Kreatif Halal

Minggu, 22 September 2024 - 19:51 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam Milad ke-12 HNI di Sentul International Convention Center, Bogor, Minggu (22/9/2024). FOTO/dok.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Halal Network International (HNI) sebagai perusahaan bisnis multilevel marketing yang memiliki lebih dari 5 juta mitra di seluruh Indonesia. Juga telah berperan membantu peningkatan konsumsi produk kreatif halal dalam negeri. Hal itu disampaikan Sandiaga dalam Milad ke-12 HNI di Sentul International Convention Center, Bogor, Minggu (22/9/2024)

Sandiaga mengatakan bahwa data State of the Global Islamic Economy Report tahun 2023 menunjukkan bahwa masyarakat Muslim menghabiskan sekitar 2,2 triliun dolar AS untuk konsumsi produk halal. Angka tersebut diprediksi akan meningkat menjadi USD2,4 triliun pada tahun 2024.

Potensi ini didukung dengan populasi Muslim dunia yang jumlahnya mencapai 1,8 miliar jiwa dan diperkirakan akan terus bertambah.



"Oleh karena itu, pesatnya pertumbuhan penduduk Muslim harus diikuti dengan produk-produk berbasis syariah, berbasis halal, yang bisa berdampak positif bagi perkembangan ekonomi umat di Indonesia," ujar Sandiaga.

Baca Juga: Kemenparekraf Uji Coba Paket Wisata Tripel B, Konektivitas Bali dan Banyuwangi Lewat Jalur Laut

Kehadiran HNI sebagai salah satu perusahaan produsen produk halal turut meningkatkan konsumsi dalam negeri. HNI mempunyai sederet produk halal yang banyak diminati masyarakat dari mulai pasta gigi, kopi, teh, madu, hingga sanitary pads.

"Menariknya konsep HNI ini berawal dari produk-produknya yang merupakan hasil kreasi dari mitra-mitranya itu diproduksi dalam skala yang besar dengan prinsip kemitraan. Jadi ini adalah ekonomi penuh keadilan," ungkapnya.

Sandiaga berharap, HNI yang sudah berdiri sejak 2012 itu dapat melebarkan jangkauan usahanya dengan menjadi perusahaan publik. Tentunya dioptimalkan dengan melakukan transformasi digital. "Kita harus optimalkan digitalisasi untuk membawa kesejahteraan yang lebih luas," harapnya.

Baca Juga: Menparekraf Naikkan Level Konten Kreasi Indonesia lewat Widuri Ekraf 2024

Hadir mendampingi Menparekraf, Staf Ahli Pengembangan Bidang Usaha Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh.
(nng)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More