Menteri Saudi Memperingatkan OPEC Plus: Harga Minyak Bisa Anjlok Jadi USD50 per Barel

Kamis, 03 Oktober 2024 - 08:52 WIB
Menteri Perminyakan, Arab Saudi mengatakan, harga minyak mentah dunia bisa anjlok sangat dalam hingga menyentuh level USD50 per barel. Foto/Dok
JAKARTA - Menteri Perminyakan, Arab Saudi mengatakan, harga minyak mentah dunia bisa anjlok sangat dalam hingga menyentuh level USD50 per barel, jika OPEC+ terus berproduksi berlebihan. Pangeran Abdulaziz bin Salman menyampaikan proyeksi tersebut saat konferensi pekan lalu, yang menurutnya apa yang dilakukan OPEC menjadi ancaman secara tidak langsung.



Seperti dilaporkan oleh Wall Street Journal, seorang delegasi menyatakan, kesiapan Riyadh untuk meluncurkan perang harga jika produksi kartel tidak terkendali. Seorang delegasi merangkum pernyataan menteri dengan menerangkan: "Beberapa lebih baik diam dan menghormati komitmen mereka terhadap OPEC+."



Jika benar minyak dunia menyentuh posisi USD50 per barel, maka menyeret minyak mentah Brent yang menjadi patokan internasional, turun 33% dari level saat ini. Sebagai informasi Brent saat ini diperdagangkan di sekitar level USD74 per barel pada Rabu, kemarin.



Sementara itu pasar minyak mentah mengalami lonjakan pada pekan ini seiring meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, karena serangan darat Israel ke Lebanon memicu serangan rudal dari Iran.

Meskipun ada kekhawatiran bahwa memanasnya Timur Tengah akan mengganggu produksi regional, namun diyakini ketegangan geopolitik memiliki dampak terbatas pada minyak mentah tahun ini. Sebaliknya harga minyak merosot karena permintaan yang memudar dan kelebihan pasokan yang berlebihan, mendorong Brent turun 16% sejak posisi puncaknya di bulan April.

Terlepas dari upaya OPEC untuk menjaga harga tetap tinggi dengan memangkas produksi. Meskipun banyak pemotongan produksi telah diumumkan sejak pertengahan 2023, hal itu disebut hanya merugikan pangsa pasar koalisi, tanpa menahan harga.

Bagian dari masalahnya adalah bahwa anggota OPEC tidak berpegang teguh pada pemotongan yang dijanjikan mereka. Menteri Saudi menyoroti Irak, yang melampaui kuotanya sebesar 400.000 barel per hari pada bulan Agustus, menurut data S&P Global Ratings. Lalu ada Kazakhstan, yang memproduksi lebih banyak 120.000 barel per hari.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More