Jadi Sasaran Kritik, Unilever Jual Bisnisnya di Rusia

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 07:44 WIB
Unilever menjual semua bisnisnya di Rusia kepada Arnest Group, produsen parfum, kosmetik, dan produk rumah tangga lokal. FOTO/Ilustrasi
JAKARTA - Raksasa barang konsumen Inggris Unilever telah menyelesaikan proses keluarnya bisnis mereka dari Rusia . Grup tersebut sebelumnya terus mendapat kritik keras karena tetap berada di Rusia, sementara perusahaan Barat melakukan eksodus besar-besaran setelah pecahnya konflik Rusia-Ukraina pada tahun 2022 lalu dan dimulainya sanksi Barat.

Dalam pernyataannya, Unilever menjual semua bisnisnya di Rusia kepada Arnest Group, produsen parfum, kosmetik, dan produk rumah tangga dalam negeri. Bisnis Unilever di Belarusia juga termasuk dalam penjualan tersebut.

"Penyelesaian penjualan tersebut mengakhiri kehadiran Unilever Rusia di negara tersebut," kata CEO Unilever Hein Schumacher seperti dilansir Russia Today, Sabtu (12/10/2024).





Perusahaan tidak mengungkapkan detail kesepakatan yang dibuat terkait penjualan tersebut. Namun, menurut aturan divestasi yang diperkenalkan oleh pemerintah Rusia tahun lalu, perusahaan yang keluar dari Rusia perlu memperoleh izin pemerintah untuk penjualan dan diharuskan menjual aset mereka dengan diskon 50% dan membayar pajak keluar sebesar 10-15%.

Financial Times (FT) melaporkan bahwa aset perusahaan tersebut, diperkirakan bernilai 600 juta euro atau sekitar USD657 juta dan dijual seharga 520 juta euro atau sekitar USD569 juta. Operasional Unilever di Rusia mencakup empat pabrik dan menyumbang sekitar 1% dari omzet dan laba bersih grup pada tahun 2023.

Arnest Group, yang dimiliki oleh industrialis Rusia Aleksey Sagal, sebelumnya telah mengakuisisi aset lokal pembuat kaleng AS Ball Corp, pembuat bir Belanda Heineken, dan grup kosmetik Swedia Oriflame.

Unilever memproduksi merek cairan pembersih Fairy dan Domestos, sabun Dove, es krim Ben & Jerry's, dan sekitar 400 merek makanan dan bahan kimia rumah tangga lainnya. Grup tersebut menghentikan ekspor dan impor ke dan dari Rusia pada Maret 2022, dan menghentikan investasi, periklanan, dan proyek lebih lanjut di negara tersebut.



Namun, perusahaan itu terus memproduksi dan menjual apa yang digambarkannya sebagai "makanan vital dan produk kebersihan" di Rusia, sebuah keputusan yang membuatnya dicap sebagai "sponsor perang internasional" oleh pemerintah Ukraina pada tahun 2023.

Unilever sebelumnya tidak memberikan indikasi bahwa mereka berencana untuk keluar dari pasar Rusia. Pada bulan Juli 2023, perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka memilih untuk tidak menarik diri dan melihat operasinya dinasionalisasi, atau menjual divisi Rusia-nya. Laporan media mengklaim pada bulan September bahwa raksasa yang berbasis di Inggris itu telah membuat perubahan haluan yang besar dan memutuskan untuk menjual aset-asetnya di Rusia.

Reuters memperkirakan pada bulan Maret bahwa keluarnya perusahaan dari Rusia telah merugikan perusahaan asing lebih dari USD107 miliar atau sekira Rp1.605 triliun (kurs Rp15.000/USD) dalam bentuk penurunan nilai dan kehilangan pendapatan sejak tahun 2022.
(fjo)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More