Utang 26 Negara Termiskin di Dunia Makin Parah, Terburuk sejak 2006

Senin, 14 Oktober 2024 - 20:26 WIB
Para penambang emas sedang bekerja, di Kamituga, Kivu Selatan, Kongo Timur. FOTO/AP Photo
JAKARTA - Sebanyak 26 negara termiskin di dunia, yang merupakan rumah bagi 40% dari jumlah penduduk yang paling banyak dilanda kemiskinan, memiliki lebih banyak utang dibandingkan dengan waktu-waktu sebelumnya sejak 2006 dan semakin rentan terhadap bencana alam dan goncangan-goncangan lainnya, demikian sebuah laporan terbaru dari Bank Dunia, Minggu (13/10).

Laporan tersebut menemukan bahwa negara-negara ini rata-rata lebih miskin saat ini dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19, bahkan ketika seluruh dunia sebagian besar telah pulih dari Covid-19 dan melanjutkan lintasan pertumbuhannya.

Dirilis seminggu sebelum pertemuan tahunan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) di Washington, laporan ini menegaskan kemunduran besar dalam upaya memberantas kemiskinan ekstrem dan menggarisbawahi upaya Bank Dunia tahun ini untuk menggalang dana sebesar USD100 miliar untuk mengisi kembali dana pembiayaan bagi negara-negara termiskin di dunia, International Development Association (IDA).





Adapun 26 negara termiskin yang diteliti, yang memiliki pendapatan per kapita tahunan kurang dari USD1.145, semakin bergantung pada hibah IDA dan utang dengan suku bunga mendekati nol, karena sebagian besar pembiayaan pasar telah mengering, demikian kata Bank Dunia.

Rasio utang terhadap PDB rata-rata 72% berada pada titik tertinggi dalam 18 tahun terakhir, dan separuh dari kelompok ini berada dalam kesulitan utang atau berisiko tinggi. Sebagian besar negara-negara dalam penelitian ini berada di sub-Sahara Afrika, dari Ethiopia sampai Chad dan Kongo, namun daftar ini juga mencakup Afghanistan dan Yaman.

Dua pertiga dari 26 negara termiskin berada dalam konflik bersenjata, atau mengalami kesulitan menjaga ketertiban karena kerapuhan institusional dan sosial, yang menghambat investasi asing, dan hampir semua komoditas ekspor, membuat mereka sering mengalami siklus boom dan bust, demikian laporan tersebut mengatakan.

"Pada saat sebagian besar dunia mundur dari negara-negara termiskin, IDA telah menjadi penyelamat mereka," ujar Kepala Ekonom Bank Dunia, Indermit Gill dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Edge Malaysia, Senin (14/10/2024).

"Selama lima tahun terakhir, IDA telah mengucurkan sebagian besar sumber daya keuangannya ke dalam 26 negara berpenghasilan rendah membuat mereka tetap bertahan melewati kemunduran bersejarah yang mereka alami."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More