6 Megaproyek Termahal, dari Jalan Tol hingga Membangun Kota Masa Depan

Minggu, 06 September 2020 - 12:03 WIB
Membangun sebuah proyek infrastruktur memerlukan biaya tidak sedikit. Semakin bagus infrastruktur di sebuah negara semakin berkembang pula negara itu. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
MEMBANGUN sebuah proyek infrastruktur memerlukan biaya tidak sedikit. Semakin bagus infrastruktur baik itu sarana transportas i, jalan tol , hingga gedung bertingkat di sebuah negara, semakin berkembang pula negara itu. (Baca juga: Qatar Bangun Megaproyek Piala Dunia 2022)

Dan yang pasti, dana yang dikeluarkan untuk membangun proyek-proyek infrastruktur itu juga banyak. Berikut daftar 10 proyek infrastruktur spektakuler termahal di dunia. (Baca juga: China Jadi Raja Gedung Pencakar Langit di Dunia)

1. The US Interstate Highway System



Pada 2015, sistem jaringan jalan tol ini telah membebani pembayar pajak senilai USD459 miliar atau sekitar Rp6.345,6 triliun. Presiden yang bertanggungjawab atas pembangunan proyek ini adalah Presiden Dwight D Eisenhower.



Idenya bukan hanya semata-mata soal transportasi namun juga bisa bisa membantu memobilisasi infanteri saat darurat dan untuk pertahanan nasional. Proyek ini dimulai pada 1956. (Baca juga: Cetak Biru Proyek Infrastruktur Trump dan Tudingan Penipu)

2. International Space Station



Pembuatan proyek stasiun Luar Angkasa Internasional ini menelan biaya sekitar USD150 miliar atau Rp2.073,3 miliar hingga selesai. Angka itu mungkin tampak mengejutkan, tetapi perlu diingat biaya ini dibagi ke beberapa negara.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More