Corona Belum Tamat, Simak 4 Cara Kelola Keuangan dengan Cermat

Minggu, 11 Oktober 2020 - 10:13 WIB
Kedua, perlunya manajemen arus kas. Dalam hal ini, Maya mengistilahkan 3C. Pertama, catat keuangan. Rata-rata selama pandemi banyak yang terdampak menurun. Namun, banyak juga yang mengalami kenaikan.

Kemudian, cek kondisi kesehatan keuangan seperti pendapatan dan pengeluaran serta lakukan evaluasi. Selain itu, cek prioritas harus dibedakan mana dana wajib untuk pengeluaran, kebutuhan, dan keinginan.

Ketiga, manajemen utang. Perlunya mengatur dan memilah utang. Ada beberapa jenis utang seperti utang konsumtif seperti pinjaman online, kredit dan utang produktif. “Minimal 30 persen disisihkan untuk membayar utang,” terang dia. (Baca juga: Garuda Indonesia Dapat Pinjaman Kredit Rp1 Triliun dari LPEI )

Keempat, manajemen investasi. Tentukan dulu tujuan investasi yang diinginkan. Kemudian, tentukan jangka waktunya, mulai dari jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Kenali risikonya yang terjadi. Selain itu, kenali juga portofolio investasi yang memang sehat dan baik. Selain itu, lakukan evaluasi dan monitoring,” tukasnya.
(ind)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More