Demi Geber Ekonomi di Awal Tahun Depan, Jokowi Minta Segera Lakukan Lelang

Rabu, 25 November 2020 - 12:31 WIB
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021. Pada kesempatan itu dia meminta kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (pemda) yang anggarannya besar segera melakukan lelang di bulan Desember tahun 2020.

"Seperti tadi saya sampaikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, dan yang lainnya yang memiliki anggaran besar. Daerah juga juga sama. Lakukan lelang sedini mungkin. Di bulan Desember ini,” katanya di Istana Negara, Rabu (25/11/2020). ( Baca juga:Sebut 2021 Masih Penuh Ketidakpastian, Jokowi Fokus ke Empat Hal Ini )

Dia mengatakan kecepatan melakukan lelang diharapkan langsung dapat menggerakkan ekonomi di kuartal I tahun depan.

“Ini agar bisa menggerakan ekonomi di kuartal I-2021. Artinya di Januari sudah ada pergerakan karena lelang sudah dilakukan setelah DIPA ini nanti diserahkan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, pemerintah tahun ini mengalokasikan belanja APBN sebesar Rp2.750 triliun. Alokasi ini terdiri atas belanja kementerian/lembaga sebesar Rp1.032 triliun serta dana transfer daerah dan dana desa sebesar Rp795,5 triliun.



Jokowi mengatakan alokasi tersebut akan dimanfaatkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan prioritas pembangunan di berbagai bidang. Misalnya saja di bidang kesehatan dialokasikan sebesar Rp169,7 triliun. ( Baca juga:Ini Konsekuensi Canda Nikita Mirzani Mengolok-olok Hukum Allah )

“Pendidikan Rp550 triliun, infrastruktur Rp417,4 triliun, perlindungan sosial Rp408,8 triliun, ketahanan pangan Rp99 triliun, pembangunan teknologi informasi Rp26 triliun, dan seterusnya,” pungkasnya.
(uka)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More