Mau Keuangan Tetap Aman Saat Liburan? Perhatikan 5 Hal Ini

Minggu, 13 Desember 2020 - 15:02 WIB
Namun jika tujuannya adalah berwisata kuliner, maka buatlah daftar tempat makan yang ingin Anda kunjungi dari sekarang dan lakukan riset terhadap harga-harga makanan di sana. Jangan kalap dalam belanja pernak-pernik selama liburan.

(Baca Juga: Gelar We Love Bali, Kemenparekraf Ajak Libur Akhir Tahun di Indonesia Saja)

4. Tentukan biaya liburan sebelum berangkat

Setelah Anda melakukan riset terhadap biaya hidup dan rekreasi di sana. Setelah itu, tentukanlah berapa jumlah ingin Anda keluarkan untuk aktivitas ini.

Anggap saja pengeluaran Anda selama berlibur yang direncanakan adalah, Rp5.000.000, maka alokasikan tambahan dana sebesar Rp500 ribu atau 10% dari total biaya liburan untuk kebutuhan darurat selama di sana.

Kebutuhan darurat yang dimaksud bisa berupa kebutuhan akan bahan bakar jikalau Anda membawa mobil pribadi, dan terjadi macet total di jalan yang akhirnya membuat konsumsi BBM Anda meningkat. Dana tersebut juga dapat dialokasikan sebagai biaya transportasi darurat selama liburan bila Anda pergi menggunakan pesawat.

5. Tidak berutang demi liburan

Tidaklah baik untuk memaksakan diri berlibur jika memang keuangan Anda belum sehat. Sebelum berlibur, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu apakah jumlah ketersediaan dana darurat Anda sudah cukup, apakah Anda sudah memiliki asuransi sebagai bentuk dari manajemen risiko, dan apakah jumlah utang Anda tergolong pada porsinya.

Berutang untuk kepentingan liburan bukanlah hal yang baik dilakukan. Utang liburan adalah utang bersifat konsumtif yang hanya akan menambah pengeluaran pasif dan mengurangi kekayaan bersih kita.

Bila memang dana liburan Anda tidak cukup, maka pilihlah destinasi wisata atau aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di akhir tahun ketimbang harus memaksakan diri liburan ke luar kota. Nah, itulah hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui terlebih dulu sebelum memutuskan berlibur di akhir tahun.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More