Sunat Menyunat Anggaran, Kemenperin Kena Rp300 Miliar

Selasa, 09 Februari 2021 - 11:57 WIB
Ilustrasi. FOTO/Yorri Farli
JAKARTA - Kementerian Perindustrian merealokasi anggaran 2021 sebesar Rp301,9 miliar. Relokasi tersebut sesuai perintah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, pemangkasan anggaran tersebut ditujukan untuk kebutuhan penanganan pandemi Covid-19. Adapun anggaran Kemenperin disunat sebesar Rp301,9 miliar dari anggarannya mencapai Rp3,1 triliun menjadi Rp2,7 triliun.



Perihal refocussing kita sampaikan pengehmatan anggarna kemenperin 301,9 miliar anggaran Kementerian Perindustrian sebesar Rp2,7 triliun. Khsusunya penumbuhan pengembangan induustri kecil dan menengah," ujar Agus dalam rapat virtual, dengan Komisi VI, DPR, Selasa (9/2/2021).

Menurut dia program realokasi anggaran ini untuk untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Adapun, pemotongan anggatan ini tidak akan memganggu kinerja Kemenperi. "Kita mendukung program vaksinasi maka dari itu kita akan fokus membantu pemulihan ekonomi Indonesia" imbuhnya.





Dia memastikan ekonomi Indonesia akan pulih dan bisa tumbuh 5%. Hal ini dikarenakan program vaksinasi yang bakal dilakukan pada tahun ini. Adapun, Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia naik lagi pada Januari 2021 di level 52,2 atau lebih tinggi dari periode sebelumnya sebesar 51,3. Selama empat bulan terakhir ini, kata dia, PMI manufaktur Indonesia terus melonjak dan ini merupakan rekor. "PMI kita naik terus ini tertinggi di Asean," tandasnya.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More