Mirip Kongo, Lima Daerah di Indonesia Ini Juga Kaya Emas!

Senin, 15 Maret 2021 - 11:52 WIB
Indonesia sejak dulu terkenal sebagai salah satu negara penghasil emas berkualitas terbaik dunia. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Saat ini dunia dihebohkan dengan penemuan gunung emas di sebuah desa di Provinsi Kivu Selatan, Republik Demokratik Kongo. Penemuan itu menimbulkan demam emas yang memaksa pihak berwenang Kongo menjaga ketat aktivitas penambangan untuk menghindari eksploitasi berlebihan.



Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki sejumlah daerah yang kaya akan logam mulia ini? Bahkan, penambangan emas di Indonesia juga terkenal di dunia dengan kualitasnya yang baik. Mengutip ceicdata.com, rata-rata produksi emas Indonesia dari 1990-2020 per tahun rata-rata mencapai 91,7 ton.

Sementara itu, mengutip PT Agincourt Resources, berikut lima daerah tambang emas terbaik yang ada di Indonesia:

1. Papua



Daerah penghasil emas terbesar di Indonesia adalah di Tembagapura, Mimika, Papua. Tambang emas yang dikelola oleh PT Freeport Indonesia sejak tahun 1967 di daerah itu sangat produktif, terbukti dengan penambangan yang telah berlangsung selama puluhan tahun. Di tahun 2020, penjualan emas PTFI dilaporkan sebesar 842 ribu ons.



2. Sumbawa

Di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Batu Hijau, penambangan mineral telah dilakukan sejak tahun 2000 oleh Newmont yang kini dikenal dengan Amman Mineral. Kegiatan produksi dan operasi sejak itu telah memproduksi sekitar 3,6 juta ton tembaga serta 8 juta ounces emas.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More