Wapres: UMKM Tidak Boleh Tercecer dalam Hal Digitalisasi

Selasa, 06 April 2021 - 13:33 WIB
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOphoto/Yulianto
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan adanya pandemi Covid-19 memunculkan berbagai perubahan. Salah satunya adalah pandemi mempercepat transformasi digital dalam berbisnis.

“Sebagian besar usaha saat ini dilakukan secara online, dan hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan secara online dan meningkatnya aktivitas usaha jasa pengiriman barang,” katanya dalam acara Forum Indonesia Bangkit dengan tema Strategi Sektor Kesehatan untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/4/2021).



Namun begitu Maruf menyebut masih ada UMKM yang belum tersentuh digitalisasi. Dia pun mengajak semua pihak untuk membantu UMKM mengikuti arus digitalisasi ini. “UMKM tidak boleh tercecer dalam hal digitalisasi. Namun UMKM harus menjadi bagian dalam transformasi ekonomi digital,” tuturnya.

Pada kesempatan itu dia juga menyebutkan bahwa dalam beberapa bulan ini adanya penurunan kasus covid dan mobilitas masyarakat yang meningkat secara terbatas telah memberikan rasa optimis terhadap perbaikan konsumsi masyarakat.





“Oleh karena itu, Ekspansi dunia usaha melalui investasi diharapkan dapat kembali meningkatkan produksi dan menyerap tenaga kerja. Termasuk ekspansi bisnis yang berbasis UMKM dan produk halal,” pungkasnya.
(ind)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More