Bangkitkan UMKM Saat Covid-19, Koperasi Alumni Unpad Didukung Kemenkop UKM

Kamis, 21 Mei 2020 - 13:03 WIB
Menurut Dr. Dewi Tenty Septi Artiany, pengamat dan penggiat koperasi, pembuatan kelembagaan kolektif untuk mengelola brand atau merek menjadi sangat penting dalam mengembangkan bisnis UMKM. “Koperasi bisa menjadi alat untuk mengelola brand, sehingga produk-produk UMKM akan terkelola dengan baik, dari mulai packaging, pemasaran, marketing, iklannya serta networkingnya," jelas Ary.

Sekarang ini masih banyak pelaku bisnis UMKM menempatkan bisnisnya hanya sebagai tambahan, mengisi waktu luang. Sehingga tidak terpikir untuk mengembangkan lebih jauh lagi. “Padahal sebenarnya jika digeluti dengan serius, bisa menjadi core bisnis, yang memberikan hasil lebih baik,mindset ini yang harus dirubah oleh para pelaku bisnis UMKM,” tuturnya.

Karena itu ia sangat mendukung adanya koperasi Produsen Alumni Indonesia, menjadi wadah untuk menaungi para pelaku bisnis UMKM. “Saya sering mendapatkan kiriman contoh-contoh produk UMKM, mereka berkonsultas untuk bagaimana memasarkan produk hingga ke luar negeri,” paparnya.

Nah, Koperasi Alumni bisa menjembatani melakukan pembinaan terhadap UMKM tersebut untuk meningkatkan kualitas produk, packaging dan sebagainya agar produk-produk tersebut layak dipasarkan di luar negeri.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More