Masuk Tahap Pra Klinis, Bio Farma Antisipasi Kegagalan Vaksin Merah Putih

Senin, 24 Januari 2022 - 21:54 WIB
"Kami terus melakukan bersama- sama dengan Eijkman, ada peneliti dari Eijkman hingga hari ini pun masih melakukan kerja sama dengan tim kami di Bandung untuk pengembangan seed vaccine ini. Dan Alhamdulilah prototipe yang ketiga ini sudah memenuhi standar industri dan segera kita akan masuk ke tahap uji praklinis dengan Eijkman," paparnya.

Sementara itu ihwal vaksin BUMN, Bio Farma telah menggandeng pengembang vaksin asal Amerika Serikat (AS) Baylor College Medicine.

Tercatat, ada dua formula yang digunakan perseroan dalam pengembangan vaksin BUMN yaitu formula adjuvan alum dan novel ajuvan spiji (alum +CpG).

Formula adjuvan alum sudah mendapatkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) untuk uji klinik Fase 1 dari Badan POM yang sudah ditandatangani sejak 6 Desember 2021 lalu.

"Untuk formula pertama yang menggunakan formula adjuvant alum ini kita sudah mulai uji klinisnya dari Desember kemarin dan sampai hari ini sudah dilakukan penyuntikan kedua terhadap semua relawan yang terlibat. Di mana, relawannya 30 subjek dewasa dan 30 sebagai pembanding, termasuk lansia," terang Honesti.
(ind)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More