Wajib Tahu! Ini 4 Tips Bijak Atur Keuangan dari MotionPay

Selasa, 29 Maret 2022 - 09:11 WIB
MotionPay bisa membantu dalam pengelolaan keuangan. Foto/Ist
JAKARTA - Gajian adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Memasuki tanggal gajian terasa sangat melegakan, namun banyak juga yang terbuai, sehingga cenderung boros. Akibatnya, flow keuangan hingga bulan mendatang menjadi kacau. Hal ini sepertinya telah menjadi sebuah siklus dan menyebabkan momok di akhir bulan. Bagaimana cara untuk mengatasi hal ini? Yuk simak tips dari MotionPay berikut ini!



1. Susun Anggaran dan Atur Prioritas

Untuk dapat mengatur keuangan, maka kita perlu mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi prioritas kebutuhan. Anda perlu menyusun daftar anggaran, mulai dari kebutuhan yang paling penting untuk diprioritaskan, misalnya uang sekolah anak, tagihan listrik dan air, kartu kredit, cicilan, dan sebagainya. Jika kebutuhan prioritas telah ditentukan, selanjutnya Anda perlu menentukan anggaran untuk kebutuhan utama seperti makan, transportasi, internet, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

2. Sediakan Dana Darurat



Setelah menyusun anggaran, Anda juga wajib memiliki sejumlah dana sebagai dana cadangan atau dana darurat. Dana darurat ini akan sangat membantu jika Anda harus mengeluarkan biaya pada saat yang tidak terduga, seperti biaya rumah sakit, biaya ke bengkel, dan sebagainya. Cash flow Anda akan tetap terjaga jika Anda telah mempersiapkan dana darurat.

3. Investasi untuk Masa Depan

Tidak ada kata terlambat untuk investasi. Sekecil apa pun nominal uang yang Anda sisihkan untuk investasi tentunya jauh lebih baik daripada tidak berinvestasi sama sekali. Apalagi di zaman sekarang, investasi sangat terjangkau dan variatif, misalnya investasi emas, reksa dana, saham, dan masih banyak pilihan lainnya. Pastikan Anda memilihu instrumen investasi resmi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan supaya terhindar dari iming-iming investasi bodong.

4. Konsisten dan Disiplin dengan Rencana Anggaran
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More