Ekonomi Negara-negara Asia Ini Terdampak Perang Ukraina, Indonesia Bagaimana?

Jum'at, 08 April 2022 - 14:15 WIB
Mulai dari harga komoditas hingga kunjungan turis di Asia bakal terdampak oleh perang Rusia-Ukraina. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Dari harga komoditas , pangan hingga pariwisata dan pasokan senjata, negara-negara di Asia-Pasifik diperkirakan bisa terpukul oleh dampak perang Rusia-Ukraina . Laporan dari Economic Intelligence Unit (EIU) menyebutkan, dampak konflik tersebut tetap dirasakan oleh sejumlah negara, meski tidak secara langsung terlibat di dalamnya.

Laporan perusahaan riset itu menyebutkan, harga pangan sangat sensitif terhadap perang karena kedua negara yang berseteru adalah produsen komoditas pangan yang signifikan. Beberapa negara Asia juga bergantung pada komoditas seperti pupuk dari Rusia.



Berkaitan dengan lonjakan harga komoditas, seperti minyak, gas dan biji-bijian, beberapa negara di Asia ini diuntungkan dan yang lain sebaliknnya. Rusia dan Ukraina menyumbang persentase yang signifikan dari pasokan dunia untuk beberapa komoditas tersebut.

"Akan ada keuntungan ekspor untuk beberapa negara dari harga komoditas yang lebih tinggi dan permintaan global untuk pasokan alternatif," kata EIU yang dikutip CNBC, Jumat (8/4/2022).



Negara-negara yang mendapat untung dari kenaikan harga komoditas adalah sebagai berikut:

1. Eksportir batubara: Australia, Indonesia, Mongolia

2. Eksportir minyak mentah: Malaysia, Brunei

3. Gas alam cair: Australia, Malaysia, Papua Nugini
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More