Inflasi Cetak Rekor 8,5%, Ekonomi AS di Ambang Resesi

Selasa, 12 April 2022 - 21:05 WIB
Ekonomi Amerika Serikat (AS) di ambang jurang resesi. FOTO/Shutterstock
JAKARTA - Indeks harga konsumen (CPI) Amerika Serikat (AS) pada Maret 2022 mencapai 8,5% melonjak signifikan dibandingkan bulan sebelumnya, yakni Februari sebesar 7,9%. Kenaikan tersebut mencetak rekor tertinggi sejak 1981 sekaligus memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan melanjutkan kebijakan kenaikan suku bunga pada bulan depan.



Dilansir Reuters, Selasa (12/4/2022), inflasi AS tercatat selalu berada di atas 6% selama 6 bulan berturut-turut. Angka inflasi tinggi sejak pandemi bertambah kuat seiring peperangan yang terjadi antara Rusia dan Ukraina di mana AS melibatkan diri dengan aneka sanksinya. Kebijakan tersebut semakin mendongkrak harga-harga komoditas energi, pangan, dan logam.

Laporan inflasi tersebut mengikuti data bulan lalu yang menunjukkan tingkat pengangguran turun ke level terendah 2 tahun di 3,6% pada bulan Maret. Inflasi yang tinggi dan The Fed telah membuat pasar obligasi AS semakin khawatir bakal terjadi resesi.





Sebelumnya pada April lalu, yield curve/kurva imbal hasil pasar obligasi AS sempat mengalami kondisi terbalik atau inverted di mana US treasury 2 tahun lebih tinggi dari imbal hasil US treasury 10 tahun, sebuah sinyal yang banyak ekonom menilai tak pernah salah memprediksi resesi.
(nng)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More