Daftar Lengkap Oligarki Rusia: Miliarder di Antara Kekuasan Putin

Senin, 25 April 2022 - 11:44 WIB
Menyelidiki oligarki miliarder Rusia, menggali koneksi politik mereka, kepemilikan aset, dan labirin perusahaan lepas pantai. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang elit kaya di bawah pemerintahan Vladimir Putin. Foto/Dok
MOSKOW - Selama beberapa dekade, Forbes telah menyelidiki oligarki miliarder Rusia , menggali koneksi politik mereka, kepemilikan aset yang tidak jelas, dan labirin perusahaanlepas pantai. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang elit kaya Negeri Beruang Merah -julukan Rusia- yang mendapatkan keuntungan di bawah pemerintahan Vladimir Putin .

Pada tahun 1997, empat orang Rusia pertama mendapatkan tempat dalam daftar Miliarder Dunia versi Forbes. Oligarki paling awal ini menjadi kaya selama gejolak privatisasi tahun 1990-an, dimana mereka memperoleh aset milik negara.



Setelah Vladimir Putin naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 2000, ia membantu membuat beberapa dari mereka lebih kaya lagi dan memberikan hadiah kepada kroni terdekatnya dengan mengubah status mereka menjadi miliarder.

Ada 83 orang Rusia dalam daftar miliarder tahun ini di 2022, dimana 68 di antaranya dianggap masuk dalam lingkaran oligarki. 18 oligarki lainnya sudah menyandang gelar miliarder sebelum perang, tetapi mereka kehilangan banyak uang sejak invasi ke Ukraina .



Dua orang yang tidak dianggap oligarki oleh Forbes yakni Andrey Melnichenko dan Oleg Tinkov dimasukkan dalam daftar karena jadi sasaran sanksi oleh Uni Eropa atau Inggris.

Tercatat ada sekitar 34 miliarder yang diganjar sanksi oleh Amerika Serikat (AS), Inggris serta Uni Eropa (UE). 11 di antaranya setelah aneksasi Krimea pada 2014, sisanya sejak invasi Ukraina.



Kapal pesiar, jet hingga rumah mewah milik elit kaya Rusia telah dibekukan. Forbes memperkirakan bahwa harta kekayaan oligarki Rusia secara total bernilai USD290 miliar per 11 Maret dan telah kehilangan USD240 miliar.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More