Harta Miliarder Rusia Raib Rp459 Triliun Imbas Konflik Ukraina yang Memanas

Kamis, 24 Februari 2022 - 08:43 WIB
loading...
Harta Miliarder Rusia Raib Rp459 Triliun Imbas Konflik Ukraina yang Memanas
Miliarder Rusia telah kehilangan hartanya sebesar USD32 miliar atau setara dengan Rp459,16 triliun (Kurs Rp14.346 per USD) sepanjang tahun ini menyusul memanasnya konflik Rusia dan Ukraina. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Miliarder Rusia telah kehilangan hartanya sebesar USD32 miliar atau setara dengan Rp459,16 triliun (Kurs Rp14.346 per USD) sepanjang tahun ini. Sanksi yang berkepanjangan berarti bakal lebih banyak hartaOligarki ultra-kaya Rusia yang hilang menyusul memanasnya konflik Rusia dan Ukraina .

Tercatat 23 miliarder di Rusia saat ini memiliki kekayaan bersih USD343 miliar yang jika dirupiahkan mencapai Rp4.920 triliun (Kurs Rp14.345 per USD), menurut peringkat Bloomberg. Angka tersebut mengalami penurunan dari USD375 miliar pada akhir tahun 2021 lalu.



Gennady Timchenko, seorang oligarki yang memiliki hubungan keluarga dengan Putin, telah menjadi pecundang terbesar dari krisis tersebut, dengan sepertiga dari kekayaannya musnah tahun ini.

Dia adalah salah satu dari tiga orang bersama Boris dan Igor Rotenberg yang menjadi sasaran dari sanksi Inggris. Amerika Serikat (AS) juga menargetkan orang-orang Kaya Rusia, yang berarti kerugian mereka bisa meningkat tajam.

Sebelumnya hari ini Menteri Luar Negeri Liz Truss menolak untuk mengesampingkan sanksi terhadap Roman Abramovich, pemilik miliarder Chelsea Football Club.

Terdapat strategi kepentingan dalam konflik Rusia dan Ukraina. Ini tentu bisa menjadi pertandingan yang berbahaya bagi Moskow.

Sanksi terhadap bank-bank besar Rusia, terutama bank-bank negara akan merugikan. Tetapi Presiden Putin mungkin menghitung bahwa AS, Inggris dan Uni Eropa memiliki kepentingan strategis yang sedikit berbeda untuk dipertimbangkan.

Jelas lebih mudah bagi beberapa negara untuk menjatuhkan sanksi pada industri minyak dan gas Rusia daripada yang lain. Uni Eropa, misalnya mendapat 40% pasokan gas alamnya dari Rusia. Inggris mendapat sekitar 3%. Keputusan Jerman untuk menunda pipa gas Nord Stream 2, bakal memberi tekanan Rusia tetapi akan berdampak langsung pada harga energi di Eropa barat juga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)