Sulbar Jadi Penopang IKN, Sriwijaya Air Layani Penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan

Senin, 06 Juni 2022 - 22:00 WIB
Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik (kiri). Foto/Ist
JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik bersama pihak Sriwijaya Air bersepakat untuk membuka rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan.

Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan kedua belah pihak di Sea Monsters Restoran Jakarta, Senin (6/6/2022) malam.

Melalui kesepakatan tersebut, Akmal Malik menegaskan posisi Sulbar yang siap menjadi penopang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara.

Dia menegaskan, pihaknya siap mencari solusi terkait kendala penerbangan langsung dari dan keluar Sulawesi Barat.

"Melalui kerja sama antara BUMD Provinsi Sulbar dengan Sriwijaya, rute penerbangan Jakarta-Mamuju-Balikpapan akan dibuka. Dengan demikian, Sulbar mempertegas posisinya sebagai penopang pembangunan IKN Nusantara," kata Akmal.





Menurut dia, penerbangan langsung Jakarta-Mamuju memungkinkan dilakukan. Namun, hal tersebut terkendala dengan kondisi Bandar Udara Tampa Padang di Mamuju yang belum tersedia stasiun pengisian bahan bakar pesawat atau jaringan pengisian avtur.

Akmal menuturkan, ada dua upaya untuk menjaga keberlanjutan penerbangan dari dan menuju Sulbar melalui Bandara Tampa Padang.

Upaya tersebut yakni melalui skema subsidi atau mengkreasikan berbagai kegiatan yang membuat orang mau datang dan berkunjung ke Mamuju.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More