3 Alasan Pentingnya Dana Darurat Bagi Anda si Generasi Sandwich

Rabu, 22 Juni 2022 - 10:26 WIB
MotionBanking bersama dengan PT POS Indonesia berupaya meningkatkan literasi keuangan. Foto/Ist
JAKARTA - Berada di usia 20-an dan menjadi generasi sandwich mungkin merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh beberapa anak muda. Secara sederhana, generasi sandwich dapat diartikan sebagai kondisi saat seseorang harus menanggung kehidupan dan finansial generasi di atasnya atau orang tua, diri mereka sendiri, serta generasi di bawahnya yaitu anak. Memegang tanggung jawab untuk menghidupi 3 generasi sekaligus nyatanya memang memerlukan strategi khusus dalam mengelola finansial.



Adanya keperluan untuk menanggung kehidupan dari 3 generasi, sudah pasti hal terkait finansial yang perlu dilakukan oleh generasi sandwich adalah dengan memiliki dana darurat . Sebagai generasi sandwich harus siap dan siaga dengan untuk menghadapi berbagai kondisi terutama dari segi kondisi darurat terkait finansial. Berikut 3 alasan pentingnya memiliki dana darurat:

1. Untuk biaya mendesak

Kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tanpa diprediksi sebelumnya. Dengan memiliki dana darurat, Anda bisa segera membiayai kebutuhan tersebut tanpa perlu merogoh tabungan Anda, karena sudah memisahkan alokasi untuk dana darurat.



2. Untuk mencegah utang

Kebutuhan mendesak yang tidak diprediksi sebelumnya sering kali mengakibatkan kebiasan berutang. Namun, jika sudah mengalokasikan dana darurat, maka dana tersebut dapat digunakan untuk menambal kebutuhan mendesak tanpa perlu berutang.

3. Untuk mencegah perilaku konsumtif

Jika memiliki orientasi untuk menabung dana darurat, maka Anda akan fokus mengalokasikan sejumlah untuk dialihkan ke tabungan dana darurat, alih-alih membelanjakannya untuk barang ataupun jasa yang tidak diperlukan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More