Jokowi Dapat Bisikan Ekonomi Dunia Bakal Gelap, Wamenkeu: Tidak Terelakkan

Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:01 WIB
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara menerangkan, makin tingginya ketidakpastian global, mulai dari risiko inflasi hingga ketegangan geopolitik yang belum kunjung berakhir tidak terelakkan. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan "wangsit" dari beberapa lembaga internasional bahwa ekonomi dunia akan semakin gelap di tahun 2023. Gelapnya dunia ini disebabkan oleh berbagai ketidakpastian global yang terjadi, mulai dari risiko inflasi hingga ketegangan geopolitik yang belum kunjung berakhir.

"Kita akan mengalami volatilitas pasar keuangan pada tahun depan, yang memang akan lebih tinggi dibandingkan tahun ini. Risiko-risiko tersebut memang tidak terelakkan," ujar Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara dalam Dialog Economic Update CNBC Indonesia di Jakarta, Selasa (9/8/2022).



Dia menyebutkan bahwa ada beberapa risiko yang harus diwaspadai. Sebelumnya, dunia sudah menghadapi risiko pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir. Namun saat ini, ada risiko yang berasal dari ketegangan geopolitik akibat perang Rusia-Ukraina.

"Ini yang menyebabkan sejumlah harga komoditas naik cepat sekali di tingkat dunia, tapi karena volatilitasnya tinggi, perencanaannya pun sulit," ungkap Suahasil.



Situasi tersebut dikhawatirkan justru akan memicu terjadinya inflasi, yang kemudian akan mendorong kenaikan harga sejumlah barang.

"Secara garis besar, fundamental ekonomi nasional masih dalam kondisi positif, namun ada beberapa risiko tersebut di tingkat global yang harus diwaspadai," pungkas Suahasil.
(akr)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More